Thursday, 5 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penting Dalam Pembangunan, Data Memudahkan Penyusunan Rencana

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Monday, 28 June 2021 | 12:05 PM Tags: , , ,
  Pencanangan Desa Bulalo sebagai Desa Cantik oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menegaskan jika data merupakan hal yang sangat penting dalam setiap perencanaan pembangunan, baik itu di desa, kecamatan maupun kabupaten. Maklum, setiap perencanaan pembangunan tak lepas dari ketersediaan data.  

“Jika pembangunan yang dilakukan tidak berdasarkan data yang tersedia, maka akan jadi kabur,” kata Indra Yasin usai mencanangkan Desa Bulalo yang masuk dalam 100 Desa Cinta Statistik (Cantik).

Lanjut katanya, dengan ketersediaan data, maka pemerintah akan lebih mudah dalam menyusun perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan. Data yang menjadi landasan dalam penyusunan rencana pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah.

Indra Yasin menambahkan, dengan tidak adanya data, maka tidak akan jelas arah pembangunan yang akan dilaksanakan. Termasuk juga untuk desa yang diharapkan dalam melaksanakan pembangunan berdasarkan dengan data yang tersedia. 

“Kebijakan dalam menentukan arah pembangunan, berdasarkan ketersediaan data, maka akan lebih mudah dan tepat sasaran untuk memutuskan apa yang akan dilakukan,” tegasnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Indra Yasin menyampaikan terimakasih kepada pihak Badan Statistik Provinsi Gorontalo, dan juga BPS Gorontalo Utara yang telah mengajukan salah satu desa dari di daerah ini untuk dimasukkan dalam program Desa Cantik. 

“Secara nasional desa di Indonesia ada 82.032, dan hanya 100 desa yang terpilih dan salah satunya dari Gorontalo Utara. Kepada desa lain, diharapkan dapat menjadikan hal ini sebagai momentum perubahan kedepan untuk lebih maksimal lagi dalam menyiapkan data, sehingga pembangunan desa lebih terarah dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan,” kunci Indra Yasin. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar