Minggu, 12 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penting Dilakukan Pemeliharan Berkala Terhadap Aset Daerah 

Oleh Fajriansyach , dalam Legislatif , pada Rabu, 30 Januari 2019 | 12:00 WITA
  Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara.


Hargo.co.id, GORONTALO – Agar fasilitas dan infrastruktur daerah yang telah dibangun tetap awet, diharap dilakukan pemeliharan secara berkala. Ini diungkapkan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rina Polapa.

Aleg muda Partai Golkar tersebut mengatakan bahwa hasil pembangunan yang dilaksanakan baik itu merupakan infrastruktur atau pun bangunan lainnya jangan hanya dibiarkan begitu saja setela selesai dibangun.

“Harus dilakukan monitoring dan juga evaluasi pasca pelaksanaan pembangunan. Monitoring dan evaluasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk keberlanjutan fungsi dan keawetan dari infrastruktur yang merupakan aset berharga daerah agar terpelihara,” ungkap Rina.

BACA  Bupati Tak Hadir, Paripurna Lima Ranperda Urung Digelar

Ada begitu banyak infrastruktur daerah yang telah dibangun mulai dari jalan, bangunan, infrastruktur pertanian baik itu irigasi maupun bendungan dan lainnya ada yang telah dibangun.

“Namun dari informasi yang kami peroleh, ada juga beberapa infrastruktur tersebut yang mulai menunjukan adanya kerusakan ringan hingga menengah. Olehnya monitoring yang dilakukan secara berkala akan sangat penting untuk mengetahui kondisi setiap aset daerah tersebut,” kata Rina.

BACA  Ini Kata Hamzah Sidik Terkait Posisi Ketua TAPD

Menurutnya apa yang disampaikan ini akan sangat berguna kedepan bagi masyarakat, terlebih jika aset tersebut merupakan fasilitas umum baik itu merupakan jalan maupun lainnya.

“Apalagi jalan yang hingga kini belum ada peningkatan yang dilaksanakan, maka pemeliharaan yang dilakukan akan sangat bermanfaat bagi kondisi aset infrastruktur yang ada tersebut,” tegasnya.

BACA  New Normal, Warga Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Tidak sedikit uang daerah yang digunakan dalam membangun sebuah fisik bangunan, olehnya pemanfaatan atas aset tersebut juga harus maksimal. Jangan sampai kata Rina, pemanfaatan yang direncanakan akan berlangsung lama, tidak akan terpenuhi.

“Olehnya pemeliharaan secara berkala akan sangat penting agar aset atau pun bangunan fisik tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal karena terpelihara dengan baik secara berkala,” tandasnya. (abk/hg)


Komentar