Minggu, 16 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penutupan Perbatasan Diharap Tak Menimbulkan Persoalan  

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 24 April 2021 | 21:05 WITA Tag:
  Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu (ketiga dari kiri) pada rapat koordinasi Forkopimda dengan Pemprov Gorontalo. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Terhadap pengetatan perbatasan baik untuk darat dan laut, diharapkan dapat dikaji secara teknis untuk menghindari kejadian yang pernah terjadi sebelumnya pada saat penerapan PSBB beberapa waktu lalu.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu dalam menyikapi kebijakan penutupan akses masuk dalam daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo yang pelaksanaannya mulai pada 6 Mei tahun 2021 hingga 17 Mei 2021 mendatang. 

“Terhadap kebijakan ini, tentu harus dikaji lagi secara teknis, jangan sampai persoalan yang pernah terjadi sebelumnya waktu penerapan PSBB terulang lagi” ungkapnya.

Salah satu persoalan yang krusial terjadi pada waktu pelaksanaan PSBB tersebut yakni terjadi antrian panjang terhadap kendaraan baik kendaraan roda empat keatas maupun kendaraan roda 2. 

“Persoalan ini tentu sangat berdampak pada petugas yang nantinya berada di perbatasan, karena antrian yang terjadi tidak hanya dari arah masuk ke Gorontalo, namun juga dari Gorontalo menuju luar daerah, dan tentunya persoalan seperti ini akan dihadapi oleh aparat TNI dan Polri serta tenaga kesehatan dan petugas lainnya yang menjalankan tugas di perbatasan nanti,” tegas Thariq.

Salah satu hal yang perlu dilakukan kata Thariq yakni melakukan koordinasi dengan daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorut, seperti Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). 

“Koordinasi tersebut penting untuk dilakukan dalam rangka mengantisipasi arus kendaraan yang masuk sehingga tidak terjadi penumpukan atau antrian yang panjang yang dapat menyulitkan para petugas yang menjalankan tugas di perbatasan nantinya” pungkasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Terkait Kemiskinan, Thariq Modanggu Lakukan Inovasi Data 

Komentar