Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyaluran Benih Jagung di Botumoito, Dimonitor Langsung Wagub Gorontalo

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Selasa, 15 Juni 2021 | 21:05 PM Tag: , , , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada monitoring penyaluran benih jagung yang dilaksanakan Pemkab Boalemo di Desa Rumbia, Kecamatan Botumoito, Selasa (15/06/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Boalemo menyalurkan bantuan benih jagung di Desa Rumbia dan Desa Hutamonu, Kecamatan Botumoito, Selasa (15/06/2021).

Penyaluran bantuan benih jagung itu dimonitor langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo dua periode, H. Idris Rahim yang mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo.

“Benih jagung ini harus segera disalurkan mengingat saat ini akan memasuki musim tanam dan para petani sudah sangat membutuhkannya,” kata Idris dalam sambutannya.

Idris menjelaskan, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo memperoleh alokasi benih jagung dari Kementerian Pertanian RI untuk lahan seluas 153.335 hektar. Dari jumlah itu, Kabupaten Boalemo memperoleh alokasi sebesar 35.035 hektar.

“Untuk Kecamatan Botumoito mendapatkan jatah 2.520 hektar,” ujar Wagub.

Idris berpesan kepada anggota kelompok tani untuk tidak menjual benih jagung bantuan pemerintah. Wagub berharap adanya pengawasan yang melibatkan pemerintah desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar pemanfaatan bantuan benih jagung itu tepat.

“Di Pohuwato yang memperjualbelikan bantua benih jagung sekarang dalam proses hukum. Saya minta hal serupa tidak terjadi di Boalemo,” pinta Idris.

Pada kesempatan itu Pelaksana Tugas Bupati Boalemo, Anas Yusuf mengimbau para petani untuk tidak lagi menanami jagung di lahan yang kemiringannya di atas 15 persen. Anas menuturkan, Pemkab Boalemo akan melakukan konservasi lahan tersebut dengan menanaminya tanaman tahunan.

“Jangan lagi menanam jagung di lahan dengan kemiringan di atas 15 persen, pasti tidak akan memperoleh bantuan lagi. Dampaknya juga akan kita rasakan sendiri, bencana banjir dan longsor akan sering terjadi,” pungkas Anas.(zul/adv/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar