Selasa, 18 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyebab Kasus KIA, Fasilitas Kesehatan Perlu Diperhatikan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 1 Desember 2021 | 14:05 PM Tag: , ,
  Ilustrasi. Salah satu penyebab Kematian Ibu dan Anak di Gorontalo Utara yakni fasilitas kesehatan. (Foto Istimewa/jawapos)

Hargo.co.id, GORONTALO – Salah satu faktor penyebab adanya kasus Kematian Ibu dan ANak (KIA) di Gorontalo Utara (Gorut), yakni fasilitas kesehatan. Betapa tidak, data yang ada saat ini KIA di Gorontalo Utara mencapai 13 kasus, dan itu sama pada tahun sebelumnya. 

Terkait dengan itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Suleman Lakoro menegaskan bahwa pemerintah daerah akan memperhatikan keberadaan fasilitas kesehatan. Termasuk dengan kelengkapannya baik itu kelengkapan medis untuk perawatan dan fasilitas lainnya maupun tenaga kesehatannya.

 FGD terkait perumusan strategi menurunkan angka kematian ibu dan anak di Gorontalo Utara, Selasa (30/11/2021). (Foto: Istimewa)

FGD terkait perumusan strategi menurunkan angka kematian ibu dan anak di Gorontalo Utara, Selasa (30/11/2021). (Foto: Istimewa)

Pasalnya selama ini keberadaan fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki (ZUS) belum maksimal dalam memberikan pelayanan sehingga masih harus melakukan rujukan lagi ke fasilitas kesehatan yang ada di luar Gorontalo Utara. 

“Ini tentu akan kita perbaiki, makanya tadi saya sempat menyatakan, kenapa kalau cuma Dana DAK untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama di Tolinggula itu, kenapa tidak dialihkan kesana (RSUD ZUS) untuk memperbaiki semua layanan-layanan disana,” kata Suleman Lakoro.

Lanjut katanya, meskipun ada aturan dari pemerintah pusat, sebagai pemerintahan daerah tentunya tidak menutup mata. Tetap itu kita upayakan, untuk ditingkatkan pelayanan, terutama untuk penyiapan SDM maupun peralatannya. Dengan adanya peningkatan kualitas SDM peralatannya sudah lengkap, akan menjadi salah satu indikator untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak. 

“Disamping juga masalah-masalah teknis, seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, masalah-masalah teknis, ada ibu meninggal karena hipertensi dan istilah kesehatan lainnya,” jelasnya seraya mengungkapkan jika apa yang dirumuskan saat ini untuk perbaikan kedepan. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar