Rabu, 16 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyebar Video Syur Gisel Dituntut 1 Tahun, Roy Suryo Singgung Pengedar Pertama

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Selasa, 8 Juni 2021 | 21:05 WITA Tag: , ,
  Roy Suryo (Dok Antara)


Hargo.co.id, JAKARTA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut dua orang terdakwa berinisial PP dan MN, penyebar video syur Gisella Anastasia, dengan hukuman satu tahun penjara. Terdakwa dianggap secara sah da meyakinkan telah bersalah dan melanggar undang-undang ITE.

Kedua terdakwa juga dikenakan denda sebesar Rp 50 juta. Apabila tidak dibayarkan maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan.

Pakar Telematika yang juga mantan Menpora Roy Suryo menilai tuntutan terhadap kedua terdakwa penyebar video seks Gisella Anastasia dan Michael Yukinobu Defretes yang diambil di sebuah hotel di Medan pada 2017 silam sudah tepat karena melanggar aturan perundang undangan.

“Tuntutan Jaksa terhadap dua pengedar video 19 detik GA & NB ini memang sudah tepat sebagaimana analisis saya sejak awal dulu,” kata Roy Suryo kepada JawaPos.com Selasa (8/6).

BACA  Menhan Prabowo Subianto: Banyak Alutsista Indonesia Sudah Tua Harus Diganti

Kendati tuntutan Jaksa sudah dianggap tepat, lelaki berdarah biru asal Jogjakarta itu menilai kedua terdakwa tetap bukanlah penyebar pertama dimana kesalahan ini harus ditumpahkan semuanya pada mereka.

“Namun akan lebih baik lagi kalau bisa menyidangkan pengedar pertama sekaligus retaker atau orang yang merekam ulang video tersebut dari file aslinya dan diedarkan secara luas,” paparnya.

Video 19 detik yang diunggah ke media sosial dan sempat heboh memang bukan versi asli. Video itu diambil ulang oleh orang lain dan kemudian tersebar di media sosial.

Gisella Anastasia sendiri sempat diminta keterangannya di hadapan Majelis Hakim PN Jakarta Selatan sebagai saksi atas kasus penyebar video asusila dirinya yaitu dua terdakwa PP dan MN. Dia mengaku tidak ada dendam atau marah kepada keduanya karena mereka bukan lah penyebar pertama.

BACA  Capai Rp 50 Miliar, Pemerintah Terus Tagih Utang Bambang Trihatmodjo

“Dari mulut saya, saya bilang tadi di hadapan majelis hakim. Saya tahu persis mereka bukan berniat menjelek-jelekkan kepada saya dengan menyebarkan video seks. Saya sama sekali tidak ada niatan mau memberatkan mereka. Mereka hanya mengikuti tren kaki ya,” tutur Gisella Anastasia pada Maret 2021 lalu.

Kasus video asusila yang menjerat Gisella Anastasia sempat menghebohkan jagat Twitter tanah air pada 6 November 2020 silam. Kala itu, beredar video seks dengan pemeran wanita mirip Gisel berdurasi 19 detik dengan seorang lelaki di sebuah kamar.

BACA  51 Pegawai KPK di Pecat, PKS: Nurani Publik Tersakiti!

Pada 12 November 2020, penyebar video konten asusila mirip Gisella Anastasia ditangkap polisi dan ditetapkan sebagai tersangka. Ada dua orang yang berhasil diamankan polisi kala itu. Keduanya berinisial PP dan MN.

Keduanya diamankan petugas karena diduga menyebarkan video syur mirip Gisel cukup masif di media sosial. Baik PP maupun MN dijerat dengan Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 Undang Undang ITE dan Pasal 8 juncto Pasal 34 Undang Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.(bp/ar/jawapos/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Penyebar Video Syur Gisel Dituntut 1 Tahun, Roy Suryo Singgung Retaker“. Pada edisi Selasa, 08 Juni 2021.

Komentar