Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyelesaian Bypass di Gorontalo Utara Butuh Rp 80 Miliar 

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Selasa, 27 April 2021 | 20:05 WITA Tag: ,
  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Haris Latif


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna menyelesaikan bypass yang ada di Gorontalo Utara (Gorut), dibutuhkan dana sebesar Rp 80 miliar. Itu sudah dalam kondisi bagus dan nyaman dilalui ketika berkendara. 

Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Haris Latif saat ditemui Senin (26/04/2021) di ruang kerjanya. Haris Latif, mengatakan, memang untuk menyelesaikan jalan tersebut membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Padahal, keberadaan jalan tersebut sudah cukup lama. Kondisi keuangan daerah untuk membangunnya, kata Haris Latif, sehingga dilakukan secara bertahap. 

“Untuk total anggaran yang dibutuhkan dalam mengerjakan jalan by pass tersebut secara keseluruhan kurang lebih Rp 80 miliar, itu kondisi jalan sudah nyaman untuk digunakan,” ungkap Haris Latif.

Namun jika jalan tersebut jika hanya ingin digunakan atau dilalui begitu saja, dengan anggaran Rp 30 miliar sudah cukup. Anggaran tersebut sudah mencakup pembuatan jalan dan jembatan. Namun untuk jembatannya jenis belly yang maksimal kemampuan untuk menahan beban yang melintas sampai 10 ton. Lebar jalan by pass sendiri, kata Haris Latif, secara keseluruhan 21 meter termasuk median jalan dan juga bahu jalan. 

Bagaimana dengan perkembangan penanganan jalan tersebut di 2021 ini? Menurut Haris Latif, untuk anggaran yang tersedia hanya Rp 3 miliar, sehingga masih jauh dari harapan untuk menuntaskan pembangunan jalan secara keseluruhan. 

“Dan untuk tahun ini dengan anggaran yang ada, itu akan mengerjakan sebagian jalan yang permukaannya masih dilapisi tanah,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Kado HUT Gorontalo Utara, Kominfo Luncurkan Aplikasi Smart Village

Komentar