Selasa, 26 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyelundupan dengan Modus Cap Tikus Dicampur Sayur, Terjadi Lagi

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Headline Metropolis , pada Senin, 18 Mei 2020 Tag: , , ,
  Ribuan liter Cap Tikus disita petugas di perbatasan Atinggola dengan modus dicampur bersama sayur. (Foto Istimewa/Koleksi FB, Letty Jamalu)


Hargo.co.id, GORONTALO – Jika sebelumnya Tim Gabungan di Posko perbatasan jalur Pantai Selatan Gorontalo mengamankan 500 liter minuman keras (Miras) jenis Cap Tikus, kini giliran Personel Gabungan yang bertugas di Pos Perbatasan jalur Pantai Utara Gorontalo. Senin (18/05/2020) Tim Gabungan berhasil menggagalkan penyelundupan Cap Tikus di Atinggola perbatasan Gorontalo-Sulawesi Utara (Sulut).

Informasi yang berhasil dihimpun, sebanyak 3.000 liter Cap Tikus dari Sulut,  diamankan oleh personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Baca Juga: 500 Liter Cap Tikus Disita di Perbatasan, Modusnya Dicampur dengan Sayur

Menurut Dansat Brimob Polda Gorontalo, Kombes Pol Rantau Isnur Eka SIK, MM, melalui Personelnya, Brigpol Rinto Sunge menjelaskan, upaya penyelundupan miras itu terbongkar saat personel gabungan sedang melaksanakan pengamanan di perbatasan, dengan memeriksa seluruh kenderaan yang melintas di Pos Check Point.

Personel gabungan yang bertugas di perbatasan Gorontalo-Sulut, berhasil mengamankan 3.000 liter Miras jenias Cap Tikus asal Sulut. (Foto Istimewa)
Personel gabungan yang bertugas di perbatasan Gorontalo-Sulut, berhasil mengamankan 3.000 liter Miras jenis Cap Tikus asal Sulut. (Foto Istimewa)

“Awalnya kami mencurigai salah satu mobil pick up yang mengangkut sayuran yang berbau Cap Tikus. Ternyata benar, saat diperiksa, kami menemukan ada 1.000 liter Cap Tikus yang ditimbun dengan tumpukan sayur. Cap Tikus tersebut rencananya akan diedar di Gorontalo,” jelas Brigpol Rinto Sunge.

Selang beberapa menit kemudian, petuga kembali menemukan Cap Tikus sebanyak 2.000 liter pada mobil lainnya. Modusnya sama, yakni dicampur dengan sayur agar dapat mengelabui petugas.

“Setelah mengamankan 1.000 liter, berselang beberapa menit kemudian kami kembali berhasil mengamankan 2.000 liter Cap Tikus pada mobil yang berbeda dengan modus yang sama. Awalnya mereka ingin melewati pos, namun kami mencium ada aroma miras dari mobil tersebut, sehingga kita berhentikan untuk diperiksa,” terang Brigpol Rinto Sunge.

Ditambahkannya, dengan demikian total keseluruhan barang bukti minuman keras jenis cap tikus yang berhasil diamankan petugas gabungan di Pos Perbatasan Jalur Utara Gorontalo-Sulut, totalnya sebanyak 3.000 liter.

Selanjutnya barang bukti Cap Tikus, serta 2 unit mobil jenis pick up bersama dengan supirnya, langsung diamankan guna menjalani pemeriksaan dan proses lebih lanjut. (zul/hg)

Mantap
Suka
Senang
Kaget
Sedih
Marah

Komentar