Rabu, 17 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyerapan Anggaran Bagus, DKP Boalemo Dapat Tambahan DAK

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Senin, 11 Juli 2022 | 22:05 Tag: , , ,
  Kepala DKP Boalemo, Ir. Arsa Umar Murad, (kiri), memberikan keterangannya terkait DAK dan target PAD 2022. (Foto: Abdul Majid Rahman/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tahun ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Boalemo, mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK), sebesar Rp 4.743.212.000. Jumlah ini bertambah, dibandingkan tahun 2021 lalu, yang hanya sebesar Rp 2. 28.750.000.

Kepala DKP Boalemo, Ir. Arsa Umar Murad, mengatakan, dengan bertambahnya dana yang bersumber dari APBN tersebut, pastinya akan sangat menopang berbagai kegiatan khusus, yang merupakan urusan Daerah, dan sesuai dengan prioritas nasional.

“Alhamdulillah, realisasi DAK kami pada 2021 lalu,100 persen. Dan untuk DAK tahun ini, sudah masuk pada tahap II ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), artinya, siap untuk dicairkan,” kata Arsa Umar Murad, di ruang kerjanya, Senin, (11/07/2022).

Dijelaskannya, bertambahnya DAK tahun ini, tak lain karena penyerapan anggaran tahun lalu, dinilai bagus. Kemudian usulan yang dimasukan pihaknya, juga dinyatakan lengkap. Karena didukung oleh data dukung dan pula data teknis.

“Data dukung itu seperti proposal, kemudian nama-nama kelompok, dan desain gambar. Sementara data teknis, seperti produksi, dan jumlah nelayan. Nah itu data yang ada di kita DKP Boalemo,” ujarnya.

Lebih lanjut, Srikandi nomor satu di DKP Boalemo ini menuturkan, DAK tahun 2022, difokuskan pada Bidang Perikanan Tangkap, Bidang Perikanan Budidaya, dan Bidang Bina Mutu.

“Harapannya, untuk kelompok pemanfaat nanti, bantuan yang sudah diberikan oleh DKP, agar digunakan dengan sebaik-baiknya. Supaya kita tidak ada catatan di Pusat. Karena kalau tidak dipergunakan sebagaimana mestinya, itu akan menjadi suatu catatan bagi kita juga,” imbuhnya.

Disinggung terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD), Arsa Umar Murad, menyatakan, saat ini dari target yang diberikan sebesar Rp 180 juta, yang berhasil dicapai sudah 65 persen.

“PAD kami bersumber dari retribusi penyelenggaraan pelelangan ikan. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ada tiga, yakni TPI Tilamuta, Mananggu, dan Dulupi. Insya Allah pada akhir tahun, PAD kami bisa melampaui target, sebagaimana juga yang diharapkan Pimpinan Daerah,” tutupnya. (*)

Penulis: Abdul Majid Rahman

(Visited 79 times, 1 visits today)

Komentar