Selasa, 7 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyusunan Program Harus Berdasarkan Data dan Kebutuhan

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 18 November 2021 | 12:05 PM Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Rahmat Rahman

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rahmat Rahman berharap untuk tahun anggaran 2022 mendatang, penyusunan program harus berdasarkan data sektoral dan juga kebutuhan masyarakat. Alasannya, banyak kebutuhan mendesak masyarakat yang harus segera dipenuhi. 

“Apalagi yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi masyarakat dan juga sumber kehidupan dan mata pencaharian masyarakat,” kata Rahmat Rahman.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa melalui masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah menganggarkan dan memprogramkan kegiatan. 

“Hanya saja terkadang program tersebut belum mampu menyentuh apa yang menjadi kebutuhan mendasar dari masyarakat,” jelasnya.

Padahal banyak aspirasi masyarakat yang telah disampaikan terutama untuk pembangunan infrastruktur vital yang memang menjadi kebutuhan masyarakat secara bersama dan juga dapat menunjang berbagai sektor. 

“Hal-hal seperti inilah yang harusnya menjadi perhatian dan merealisasikannya lewat program yang ditetapkan dalam tahun anggaran yang berjalan,” tegas Rahmat Rahman.

Disisi lain kata Rahmat, kebutuhan terhadap infrastruktur sektoral tersebut jika terpenuhi maka akan membantu daerah dalam rangka memenuhi target-target yang telah ditetapkan baik secara lokal kabupaten maupun ada yang secara nasional. 

“Seperti halnya untuk infrastruktur pertanian yang jika terpenuhi maka akan meningkatkan produksi, apalagi Gorontalo Utara sebagai daerah penyanggah produksi pertanian secara nasional,” ujarnya.

Untuk itu, Rahmat berharap kedepan terhadap data-data kebutuhan masyarakat dapat dijadikan acuan dalam penyusunan program bagi daerah dan disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya. 

“Dalam artian mana yang mendesak dan mana yang masih dapat ditunda dulu,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar