Perahu Dayung Tradisional ‘Serbu’ Danau Perintis , Ada Apa Ya?

Lomba Perahu Dayung Tradisional yang digelar di Danau Perintis dalam rangka HUT Korem 133 Nani Wartabone. (Foto Istimewa/Kapenrem 133 Nani Wartabone)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tiba-tiba sejumlah perahu dayung tradisional ‘menyerbu’ Dana Perintis, Bone Bolango. Danau yang sebelumnya tenang, seketika menjadi ramai. Itu lantas menyedot perhatian warga sekitar.

Usut punya usut, ternyata di danau tersebut dilakukan lomba Perahu Dayung Tradisional yang berlangsung, Kamis (12/09/2019). Ini merupakan bagian dari promosi wisata yang dilakukan Koramil se Gorontalo, dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke 1 Korem 133 Nani Wartabone.

Peserta Lomba Perahu Dayung Tradisional kategori ganda. (Foto Istimewa/Kapenrem 133 Nani Wartabone)

Wajar jika menyedot perhatian warga sekitar. Apalagi lomba ini terbuka untuk umum dengan memperlombakan dua kategori, yaitu tunggal dan ganda.

“Selama ini, lomba dayung perahu selalu dilaksanakan di Danau Limboto. Namun dalam rangka memperingati HUT Korem yang pertama ini, kami melaksanakannya di Danau Perintis. Tujuannya, agar masyarakat di Bone Bolango, juga dapat ikut ambil bagian dalam lomba ini,” kata Komandan Korem 133 Nani Wartabone, Kolonel Czi. Arnold AP Ritiauw saat pembukaan.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Bone Bolango, yang telah mengizinkan Danau Perintis untuk dijadikan lokasi lomba. Selain untuk hiburan bagi masyarakat di Bone Bolango, kegiatan ini juga bagian dari promosi Objek Wisata Danau Perintis, ke seluruh masyarakat lokal hingga ke manca negara.

Peserta Lomba Perahu Dayung Tradisional kategori tunggal. (Foto Istimewa/Kapenrem 133 Nani Wartabone)

Sementara itu, Wakil Bupati Bone Bolango, Mohammad Kilat Wartabone, mengapresiasi penuh kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Danau Perintis.

“Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Bone Bolango, akan bekerja sama dengan pihak Korem 133 Nani Wartabone, untuk mengagendakan kegiatan lomba seperti ini pada setiap tahunnya. Serta dapat dianggarkan dalam APBD Bone Bolango,” tutup Kilat Wartabone. ( zul/hg)

-