Saturday, 25 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Peraih Nilai Cumlaude Berpeluang Jadi PNS

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara News , pada Thursday, 15 September 2016 | 15:02 PM Tags: ,
  

Hargo.co.id JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Menpan-RB) Asman Abnur memberikan perhatian serius terhadap persoalan aparatur sipil negara (ASN). Pasalnya selain jumlah ASN melebihi dari kebutuhan, keahlian mereka pun masih sangat minim. Sehingga inovasi untuk menjalankan roda pemerintah nyaris tidak ada.

Menurut Menpan, Indonesia saat ini bukan lagi bersaing dengan negara kecil dari segi kemampuan sumber daya manusianya, melainkan juga bersaing dengan negara besar. “Jadi ASN Indonesia harus bertaraf internasional,” imbuh mantan Wakil Wali Kota Batam itu.

Untuk itu, kata Asman, Kemenpan-RB juga berusaha agar proses perekrutan ASN harus lebih bagus sehingga ASN yang ada nantinya memiliki inovasi, ide, gagasan dan mampu menciptakan pekerjaan buat dirinya serta anak buahnya.

“Ketika mereka sudah berada di kantor, mereka sudah mengetahui apa yang mereka kerjakan,” ujarnya.

Olehnya dalam menghadapi tantangan tersebut, kedepan, Menpan-RB Asman Abnur akan membuat terobosan agar ASN yang ada di Indonesia itu benar-benar enerjik dan bisa diandalkan.

Salah satunya memberikan perlakukan khusus terhadap mahasiswa yang memperoleh nilai tertinggi atau cumlaude. “Mereka yang cumlaude itu nantinya akan jadi prioritas kita,” ujar Asman Abnur yang dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Kamis (15/9).

Menurutnya, jika terobosan itu dilakukan, maka para ASN yang ada di Indonesia akan mampu bersaing di kancah internasional.

Sementara itu, berdasarkan data Kemenpan RB, hingga Desember 2015, tercatat sebanyak 4.498.643 jumlah PNS di Indonesia. Dari data tersebut, sebanyak 20,94 persen para PNS tersebar di pegawai instansi pemerintah pusat, dan 79,06 persen merupakan PNS yang bekerja di pemerintah daerah.

Sementara sebanyak 476.574 PNS menduduki jabatan struktural, 2.300.350 PNS menduduki jabatan fungsional tertentu. (wni/iil/JPG/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar