Tuesday, 3 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Peran BPD Harus Dimaksimalkan, Sesuai Tupoksi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Monday, 7 June 2021 | 18:05 PM Tags: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diharapkan untuk dapat dimaksimalkan sebagaimana tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Ini Seperti yang diatur dalam dalam regulasi terutama dalam Peraturan Daerah (Perda) yang baru saja disahkan beberapa waktu lalu.

Pernyataan itu disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), matran Lasunte dalam menyikapi pemilihan BPD secara serentak yang telah dilakukan.

“Pemilihannya juga dilakukan secara demokratis, dan ini menunjukan bahwa keberadaan BPD juga mendapat perhatian dari masyarakat melalui menentukan pilihannya oleh masyarakat di bilik suara,” kata Matran Lasunte.

Memang selama ini yang selalu mendapatkan perhatian hanyalah kepala desa, sementara untuk BPD seakan tidak maksimal perhatian yang diberikan serta peran mereka. 

“Padahal sudah sangat jelas tupoksi yang dimiliki oleh para BPD tersebut. Setidaknya apa yang menjadi tupoksi dari BPD tersebut kurang lebih sama dengan DPRD, hanya saja peran yang diberikan di tingkat desa itu tidak maksimal,” jelasnya.

Untuk itu pasca pemilihan BPD saat ini, diharapkan antara BPD dan Pemerintah Desa itu harus bersinergi terutama dalam menjalankan setiap tugas pokok dan fungsi kelembagaan masing-masing. 

“Apa yang menjadi marwah dari BPD itu harus dilaksanakan sepenuhnya dengan maksimal, agar ini juga untuk menghilangkan image bahwa BPD merupakan orangnya kepala desa,” tegasnya.

Matran Lasunte juga menegaskan bahwa apa yang menjadi peran dari BPD tersebut itu telah diatur dalam Perda yang belum lama ini telah disahkan. 

“Sehingga kedepan terhadap pelaksanaan tupoksi masing-masing akan dapat menunjang jalannya pemerintahan yang ada di desa terutama terhadap pelaksanaan program pembangunan,” tandasnya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar