Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perangi Formalin, Rensi Minta Awasi Pasar Ikan dan TPI 

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Jumat, 23 November 2018 | 12:00 PM Tag:
  

Hargo.co.id, MANADO – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Boalemo, Hj. Rensi Makuta SE.MAk secara tegas menyampaikan semua pengurus dan stakholder terkait dapat memantau dan mengawasi aktivitas pasar di wilayah Kabupaten Boalemo.

Termasuk pula lokasi tempatpelelangan ikan (TPI) tersebar di beberapa kecamatan. Seruan ini guna meminimalisir penyalahgunaan bahan pengawet berupa formalin pada ikan hasil tangkapan. Karena biasanya bahan ini digunakan guna menghindari pasokan ikan sampai berhari-hari.

“Bukan hanya di lokasi TPI, pengawasan juga harus kita tingkatkan di pasaran dan para pedagang boks ikan keliling. Sebab, bahan pengawet ini dilarang keras dan mengancam kesehatan bagi konsumen dan masyarakat banyak,” ingat Ketua TP PKK Boalemo ini.

Disamping mencegah penggunaan pengawet, ia juga meminta semua pihak terus memberikan pencerahan khususnya pedagang, nelayan dan masyarakat umum. Serta mensosialisasikan ciri-ciri ikan yang sudah diberi bahan pengawet. Sehingga masyarakat Boalemo makin waspada dan benar-benar bebas dari dampak penyalahgunaan bahan kimia merusak kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Kadis DPK Boalemo Adnan Marzuk SST didampingi Kabid Bina Mutu Raplin Kamumu mengaku pihaknya akan terus memantau di pasaran dan mensosialisasikan bahaya penggunaan formalin. Menyusul upaya ini menjadi tanggunggungjawab bersama Dinas Perikanan Kelautan. Untuk itu, pihaknya akan turun langsung ke TPI dengan berkoordinasi tim terpadu yang sudah dibentuk.(nrt/gp/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar