Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perbaikan Administrasi, KPU Deadline Parpol Selama Dua Pekan

Oleh Aslan , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 17 November 2017 | 10:42 Tag: , ,
  KOMISIONER KPU Kota Gorontalo saat menggelar pertemuan bersama perwakilan Parpol calon peserta Pemilu 2019, kamis (16/11).

GORONTALO, Hargo.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo akhirnya mengumumkan hasil seleksi administrasi partai politik calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Bertempat di aula pertemuan Kantor KPU Kota Gorontalo, pengumuman disampaikan langsung kepada 17 perwakilan partai politik yang sebelumnya telah memasukkan kelengkapan berkas syarat calon peserta Pemi lu 2019.

Hasi lnya, dari 17 partai politik, 9 diantaranya dinyatakan belum memenuhi syarat, setelah jumlah Kartu Tanda Anggota yang dimasukkan ke KPU dinyatakan tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU.

Ironisnya, dari sembilan partai yang dinyatakan belum memenuhi syarat itu, lima partai diantaranya adalah partai besar, yang menargetkan diri menjadi pemenang di Pemilu 2019 mendatang.

Sembilan partai yang dinyatakan belum memenuhi syarat ini diantaranya, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Rakyat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Kesembilan partai ini dinyatakan belum memenuhi syarat karena terganjal oleh sejumlah temuan dalam seleksi administrasi yang dilakukan oleh KPU, diantaranya, Ditemukan ketidaksesuaian antara KTA dan KTP serta data Sipol, Ketidaksesuaian NIK, Nama, dan Tanggal Lahir, Ditemukan data ganda antar partai, Anggota berstatus PNS, serta ditemukannya anggota yang masih menggunakan KTP lama. Temuan ini membuat KPU harus mencoret KTA yang dinyatakan bermasalah tersebut.

Sehingganya, kesembilan parpol itu diwajibkan untuk memasukkan ulang KTA Baru atau memperbaiki data KTA hingga mencukupi jumlah KTA yang disyaratkan oleh KPU, yaitu sebanyak 196 KTA.

“Waktu perbaikan untuk parpol yang belum memenuhi syarat terhitung sejak tanggal 18 November 2017 dan akan ditutup 1 Desember 2017 mendatang,” tegas Sukrin Thalib saat dikonfirmasi Gorontalo Post, kamis (16/11) kemarin, di Kantor KPU Kota Gorontalo.

Lebih lanjut Sukrin mengatakan, perbaikan administ rasi ini dapat dilakukan oleh masing-masing parpol, dengan memasukkan data keanggotaan baru atau memperbaiki data keanggotaan yang sebelumnya sudah dinyatakan bermasalah itu.

“Masih ada waktu perbaikan, jadi kami harap para pengurus parpol untuk segera melakukan perbaikan secepatnya,” tambahnya. Sementara itu, tujuh parpol dinyatakan lolos seleksi administrasi calon peserta pemilu 2019.

Ketujuh partai ini diantaranya, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Parta Demokrat, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). (tr-45/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar