Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Percepat APBD 2022, Banggar Lakukan Pembahasan Hingga Dini Hari

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 2 Desember 2021 | 22:05 PM Tag: , ,
  Banggar DPRD Gorontalo Utara pada pembahasan APBD 2020 yang dipacu hingga dini hari. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Komitmen Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gorontalo Utara (Gorut) untuk mempercepat pembahasan anggaran memang dibuktikan dengan telah diparipurnakannya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 pada Selasa (30/11/2021).

Proses pembahasan anggaran oleh Banggar DPRD Gorontalo Utara tersebut kurang lebih hanya memakan waktu selama 2 (dua) hari saja sejak Ahad (28/11/2021) sampai dengan Senin (29/11/2021) November bahkan sampai Selasa (30/11/2021) dini hari.

Pembahasan anggaran dipacu oleh Banggar sejak Ahad siang bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilakukan bergiliran. Dalam pembahasan yang sempat terpantau oleh awak media ini, Banggar sangat selektif dalam membahas setiap item anggaran yang diajukan oleh OPD.

Bahkan ada beberapa item anggaran di beberapa OPD yang langsung diberondong dengan berbagai pertanyaan untuk dimintai penjelasannya, seperti yang terpantau pada pembahasan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jika tidak keliru terkait dengan tempat penampungan sapi atau karantina atau dermaga yang rencananya akan dibangun di Desa Mootinelo, yang menurut Wakil Ketua 2, DPRD, Hamzah Sidik lokasi tersebut terlalu jauh dan itu harus dipikirkan lagi kenapa harus dibangun di lokasi tersebut.

Terhadap hal itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Asrin U. Menu menjelaskan bahwa terhadap tempat memang perlu hal tersebut dibangun karena Kabupaten Gorut ada kerjasama dengan Kabupaten Pohuwato terkait sapi potong, sehingga perlu ada fasilitas pendukung yang dibangun.

Dan ada juga hal-hal lainnya yang perlu untuk dibahas secara serius sehingga ada waktu tersendiri yang disediakan. Pembahasan yang dilakukan oleh Banggar DPRD Gorut tersebut dilakukan hingga lewat tengah malam, sehingga sangat menguras tenaga. (***)

 

Penulis: Alosius M, Budiman

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar