Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perda Kawasan Tanpa Rokok Mandul, Warga Merokok Sembarang Tempat

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 22 September 2016 | 13:58 PM Tag: ,
  

Hargo.co.id BONBOL – Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sudah disahkan pemerintah Provinsi Gorontalo. Namun, karena Perda ini jarangan di sosialisasikan, tak heran bila masyarakat banyak yang merokok di sembarang tempat, tak peduli itu di tempat umum, kantor pemerintahan, atau layanan publik lainnya. Seperti yang terjadi di Kabupaten Bone Bolango (Bonbol).

Kepala Satpol PP Kabupaten Bonbol Yamin Abas mengatakan hal itu ketika diwawancarai Gorontalo Post, baru-baru ini.

“Larangan merokok di tempat-tempat umum seperti perkantoran, rumah sakit, sekolah, tempat ibadah dan lainnya, sesuai aturan Perda itu dilarang. Tapi yang jadi masalah saat ini di Kabupaten Bonbol, aturannya jarang di sosialisasikan,” ungkapnya.

Yamin mengaku, untuk menetapkan lokasi tempat kawasan tanpa rokok tersebut memang sangat gampang. Namun yang menjadi kendalanya, minimnya sosialisasi terhadap masyarakat guna meberitahukan kepada masyarakat dimana saja lokasi yang dilarang untuk menkonsumsi rokok tersebut.

“Jangan sampai pemerintah sendiri yang nantinya menjadi sasaran masyarakat, dimana sudah memberikan aturan namun sama sekali tak memberikan informasi kepada masyarakat, jangan kita di katakan suka-suka bertindak yang tak jelas,” tuturnya.

Yamin juga menambahkan, secepatnya pihaknya bersama dinas terkait akan mengadakan pertemuan khusus untuk bisa mengetahui dimana saja lokasi yang nantinya akan di tetapkan sabagai kawasan tanpa asap rokok.

Sembari merencanakan akan menyediakan tempat khusus bagi para perokok di masing-masing tempat.
“Namun sebelum penerapannya secara tegas, kita akan berupaya mensosialisasikan aturan tersebut agar bisa diketahui masyarakat,” jelasnya. (tr-48/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar