Selasa, 13 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perda Retribusi Jasa Usaha Bakal Mengisi Pundi-pundi PAD

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Minggu, 28 Februari 2021 | 14:05 WITA Tag:
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Rahmat Rahman


Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rahmat Rahman meminta agar Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Jasa Usaha dijalankan secara maksimal. Baginya, itu dapat membantu mengisi pundi-pundi PAD.

“Tujuan pembentukan Perda sangatlah jelas. Seperti halnya dalam Perda Retribusi Jasa Usaha yang didalamnya tentu mengatur berbagai hal, terutama terhadap potensi pendapatan bagi daerah, dalam hal ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang retribusi,” katanya.

BACA  Terkait Pertanian, Roni Imran: Tak Ada yang Tak Mungkin

Misalnya, pada Perda tersebut telah diatur retribusi peminjaman Alsintan. Perda tersebut sebagai payung hukum untuk pemungutan retribusi yang nantinya akan membantu mengisi pundi-pundi PAD.

“Makanya, saya tegaskan bahwa Perda perlu dimaksimalkan dalam penerapannya agar memperoleh hasil yang memusakan,” kata  perlu di maka Perda tersebut haruslah dimaksimalkan penerapannya,” kata Rahmat Rahman.

BACA  Ini Hasil Konsultasi DPRD Gorontalo Utara di Kemenpan RB

Alasan Rahmat Rahman meminta Perda dimaksimalkan, karena selama ini PAD yang diperoleh dari sektor retribusi masih minim. Makanya, dengan adanya Perda tersebut diharapkan ada kenaikan yang signifikan.

“Dengan meningkatnya pendapatan dari sektor retribusi, tentu ini akan berdampak positif juga bagi daerah. Manfaatnya juga akan dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui program pembangunan daerah,” katanya.

BACA  Terkait Bencana Banjir, DPRD Minta Cari Akar Masalahnya

Dengan memaksimalkan PAD maka tentunya hal ini akan sedikit membantu daerah dalam proses pelaksanaan pembangunan.

“Jika pendapatan dari sektor retribusi meningkat signifikan, maka tentunya daerah akan memiliki anggaran juga untuk membiayai program,” paparnya. (abk/adv/hargo)


Komentar