Monday, 27 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perencanaan Dapat Menjadi Awal Korupsi

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Friday, 3 September 2021 | 00:05 AM Tags:
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu.

Hargo.co.id, GORONTALO – Perencanaan merupakan awal dari korupsi atau inefisiensi atau juga dapat berapa awal dari keberhasilan. Sehingga dalam perencanaan harus mendapatkan perhatian yang serius.

Selain itu juga mentalitas dari Aparatur Sipil Negara (ASN) juga sangat menentukan, walaupun pengawasan dan manajemen dilakukan secara maksimal namun dari sisi mentalitas tidak tertata maka dapat juga berakhir negatif.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu usai mengikuti Rapat Koordinasi Launching MCV dan Rakor Nasional Pengawasan Daerah bersama dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Ketua KPK RI serta Ketua BPKP, Rabu (01/09/2021).

Untuk upaya pencegahan yang merupakan frame pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat yang diminta dilakukan secara maksimal, Thariq Modanggu menegaskan bahwa perencanaan merupakan hal yang perlu diseriusi oleh pihak Inspektorat. 

“Inspektorat diminta benar-benar efektif lakukan pengawasan secara internal, secara holistik kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD,” kata Thariq Modanggu.

Selain pengawasan secara maksimal, Thariq Modanggu juga menegaskan bahwa pembinaan mental juga sangat perlu dilakukan.

“Karena sebaik apapun sistem yang disediakan, aplikasi yang disediakan, akan tetapi mental ASN tidak tertata maka itu juga akan menjadi sumber masalah,” tegasnya.

Pengawasan yang dilakukan di semua OPD lebih kepada frame pencegahan, kata Thariq Modanggu, dan kemudian sebagaimana yang disampaikan terkait dengan perencanaan itu dilakukan dengan mematuhi apa yang telah direncanakan dan sudah ditetapkan. 

“Tentunya berdasarkan pada kaidah perencanaan, monitoring dan pengendalian sesuai dengan ketentuan perundang undangan dan lainnya,” ujarnya.

Dengan adanya perencanaan yang baik dan juga monitoring serta evaluasi dan juga koordinasi, Thariq Modanggu berharap agar penyelenggaraan pemerintah yang good governance terwujud serta memberikan manfaat bagi masyarakat. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 76 times, 1 visits today)

Komentar