Selasa, 26 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perencanan Pembangunan Berbasis Kajian Lingkungan Hidup 

Oleh Fajriansyach , dalam Kab. Boalemo , pada Selasa, 13 November 2018 | 12:00 WITA Tag:
  


Hargo.co.id.id, GORONTALO – Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) nomor 32 tahun 2009 dipandang penting. Sehingga dalam kedudukannya patut diterapkan dalam proses perencanaan
dan pembangunan daerah yang lebih baik.

Mewujudkan hal tersebut, pemerintah pemerintah wajib pula membuat kajian lingkungan hidup strategis guna memastikan prinsif pembangunan berkelanjutan. Ini pula menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah atau kebijakan, rencana dan program.

BACA  Sidak ke DLH, Plt. Bupati Boalemo Kecewa

Hal tersebut terungkap saat sosialisasi penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) dibuka Wakil Bupati (Wabup) Boalemo Anas Jusuf bertempat di Citra Ayu Tilamuta, Senin (12/11/2018).

Menurut Anas Jusuf pelaksanaan penyusunan kajian lingkungan hidup strategis ini patut diapresiasi. Menyusul langkah ini merupakan amanah UU tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Dalam hal penyusunan kajian lingkungan hidup sifatnya sangat penting. Agar dampak negatif yang mungkin terjadi pada pembangunan dapat dimanimilisir sedini mungkin.

BACA  Plt. Bupati Boalemo Deklarasikan Pelaksanaan Vaksin Covid-19

“Kegiatan seperti ini merupakan pendekatan strategis jangka panjang dalam pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan berkelanjutan,” sambungnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Roslina Karim mengungkapkan tujuan sosialisasi kajian lingkungan hidup strategis ini antara lain sebagai pedoman seluruh organisasi perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam melaksanakan kajian lingkungan hidup yang dapat mensinergiskan kegiatan dan tindakan atas upaya promotif dan
prefentif.

BACA  Anas Jusuf Salurkan Bantuan for Keluarga Kebakaran di Dulupi

Di mana, dalam sosialisasi ini para peserta dibekali materi regulasi kajian lingkungan hidup strategis dan teknis penyusunan kajian lingkungan hidup strategis disampaikan narasumber dari Dinas LHK Provinsi Gorontalo serta akademisi dari UNG.(nrt/hg)


Komentar