ramadan2024

ramadan2024

Pergi Pagi Pulang Petang

×

Pergi Pagi Pulang Petang

Sebarkan artikel ini

hargo.co.id – Beda generasi, beda pula tingkah lakunya. Berdasar survei tim Zetizen, generasi Y (kelahiran 1981–1994) dan generasi Z (kelahiran 1995–2010) punya aktivitas jam malam yang berbeda loh.. Hmm, benar nggak ya bahwa generasi Z cenderung lebih ”liar”? Bertambahnya usia menjadikan bertambah kesibukan pula.

hari kesaktian pancasila

Apalagi untuk mereka para sahabat Zetizen yang produktif. Kini Sekolah maupun Kuliah tidak hanya sebatas datang, belajar lalu pulang. Nyatanya, lebih dari hal itu. Berbagai tugas dan kewajiban yang harus diselesaikan pun menjadikan pulang ke rumah setelah matahari tenggalam adalah pilihan.

Banyak Generasi Z yang baru menginjakkan kaki ke rumah lagi setelah malam hari. Hal ini banyak terjadi pada sahabat Zetizen yang telah melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas.

Example 300250

Ternyata, tidak hanya persoalan mengerjakan tugas saja nih yang jadi alasan mengapa banyak Generasi Z yang sering pulang malam.

Tetapi, karena banyak juga sahabat Zetizen yang tergabung dalam sebuah organisasi, sehingga tidak jarang mereka harus mengikuti rapat seperti untuk membahas dan mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang hendak mereka adakan.

Karena waktu di pagi hingga sore hari digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, maka waktu dimalam hari pun menjadi pilihan untuk mengerjakan hal-hal lain selain belajar.(nen/c25/fhr/ZT-08/hargo) 

Ramadhan 2024

JAM – 19.00
Y: Jam segini masih terbilang aman nih. Biasanya, generasi Y akan menghabiskan waktunya untuk main ke rumah teman, jalan-jalan santai, nonton TV bareng keluarga, atau malah belajar di rumah.
Z: Nggak jarang, jam segini generasi Z justru baru pulang ke rumah loh. Biasanya gara-gara mereka ikut ekstrakurikuler atau bimbel. Padatnya rutinitas membuat mereka baru sampai rumah saat malam. Tapi, ada juga sih jam segini yang lagi enak-enaknya hang out sama teman atau nge-date sama pacar. Benar nggak?

JAM – 21.00
Y: Ups, udah mulai dapat peringatan ortu nih! Kalau masih keluar rumah jam segini, generasi Y pasti bakal di-SMS atau ditelepon ortu dan disuruh segera pulang. Generasi Y pun bakal pulang maksimal sampai pukul 22.00. Kalau nggak nurut? Gerbang rumah bakal dikunci!

Z: Still on the outside. Jam segini masih ”sore’’ buat generasi Z yang doyan keluar malam. Mereka pasti lagi asyik-asyiknya nongki nih. Bagi generasi Z, jam segini belum waktunya pulang. Wah wah..

JAM – 00.00
Y: Sebanyak 90 persen Zetizen udah berada di rumah dan tertidur pulas di kasurnya! Yup, pukul 00.00 emang paling enak buat tidur. Apalagi kalau besoknya sekolah. Kecuali yang punya PR, pasti mereka terpaksa begadang buat ngerjain, hehehe.
Z: Rata-rata udah pulang ke rumah, tapi kadang masih ada aja yang betah di luar. Biasanya, generasi Z yang pulang jam segini tuh yang baru kelar nonton konser musik atau nonton midnight. Hmm, jangan sering-sering ya.. Ingat, angin malam nggak baik buat tubuh!

JAM – 03.00
Y: Pukul 03.00? Jelas masih tidur. Lagi pulas-pulasnya malah. Dalam satu atau dua jam nanti, mereka bangun buat bersiap berangkat ke sekolah. Nice!
Z : Rata-rata sih udah terlelap dalam mimpi. Tapi, ternyata ada sebagian kecil yang jam segini baru pulang ke rumah! Terutama generasi Z yang tinggal di kota besar dan kebetulan lagi weekend. Ngapain? Dugem alias clubbing! Wah, wah, zaman makin keras aja ya?

KATA MEREKA TENTANG JAM MALAM MEREKA :

Sri Widya Novita Djafar
SMA Negeri 2 Limboto

Berdiam Diri Di Rumah Aja!

“Aku sih menghabiskan jam malamku dengan nggak kemana-mana alias di rumah aja. Karena, banyak bahaya yang mengincar. Aku juga bukan tipe orang yang suka nongkrong atau hangout bareng teman. Di rumah aku sih biasanya nonton tv bareng keluarga atau menghabiskan waktu untuk chatingan di sosmed”, (ZT-06)

Nurul Alya Toini
MA Muhammadiyah Molowahu

Jalan-Jalan Biar Nggak Sunyi

“Karena butuh hiburan, aku sering menggunakan jam malamku untuk jalan-jalan di sekitaran kampung dan nongkrong di rumah teman. Biasanya aku keluar rumah selalu dapat ijin dari orang tua. Selain itu mereka juga selalu memberikan nasehat agar aku menjaga diri dengan baik dan lekas pulang jika sudah larut”, (ZT-06)



hari kesaktian pancasila