Sunday, 19 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Peringati 10 Muharram Jadikan Momentum Perubahan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sunday, 22 August 2021 | 00:05 AM Tags: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin pada peringatan 10 Muharram di Masjid Agung Baiturrahim, Kwandang. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin berharap dengan peringatan 10 Muharram atau hari asyura, menjadi momentum terhadap kemampuan dalam melakukan perpindahan, perubahan dan juga adaptasi dalam merespon setiap situasi dan kondisi. 

Penegasan tersebut disampaikan oleh bupati pada peringatan 10 muharam yang dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahim, Moluo, Kecamatan Kwandang. Menurut bupati perpindahan tidak saja bermakna fisik namun juga dapat bermakna pada sikap. Misalnya, pindah dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu sikap ke sikap yang lain. 

“Dan pandemi Covid-19 saat ini, memaksa kita melakukan penyesuaian dan perubahan menuju kenormalan baru. Salah satu spirit hijrah dalam konteks pandemi adalah terapkan protokol kesehatan,” tutur Indra Yasin. 

Di tengah pandemi, kata Indra, solidaritas dan gotong royong adalah kunci. Sehingga, pemerintah sejak satu setengah tahun terakhir terus berupaya mengatasi kondisi tersebut. 

“Tentu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya. 

Selanjutnya, Ia mengatakan, di momentum 10 Muharram ini, tujuan pokok adalah memetik nilai-nilai rohaniah dari kejadian-kejadian yang terjadi pada masa-masa silam, sekaligus menjadikan hari ini sebagai hari peningkatan amal ibadah. 

“Semoga dengan kegiatan ini, Allah SWT akan mengangkat segala macam marabahaya dan bencana di negara kita, khususnya Kabupaten Gorontalo Utara, amiin,” harapnya. 

Lebih lanjut Indra Yasin juga berharap, semangat di awal tahun baru Islam ini akan memberikan kesejukan serta kejernihan berpikir bagi kita semua dan meningkatkan semangat kita dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan kemampuan serta kapasitas masing-masing dalam rangka mewujudkan Gorontalo Utara yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur, amiin, amiin ya robbal alamin. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar