Sabtu, 19 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Peringati Bulan K3, Wagub : Wujudkan Nihil Kecelakaan Kerja

Oleh Jamal De Marshall , dalam Advertorial Gorontalo , pada Kamis, 20 Februari 2020 | 18:01 WITA Tag: ,
  Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat menyerahkan piagam penghargaan kepada perusahaan yang meraih prestasi dengan nihil kecelakaan kerja, pada kegiatan puncak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2020 di Hotel Horison Ultima Nayumi, Kota Gorontalo, Kamis (20/2/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Agar terwujudnya nihil kecelakaan atau zeco accident, pekerja diseluruh perusahaan swasta di Provinsi Gorontalo diminta untuk memperhatikan petunjuk keselamatan dan kesehatan kerja. Permintaan ini disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim ketika memberikan sambutan pada puncak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2020 di Hotel Horison Ultima Nayumi, Kota Gorontalo, Kamis (20/2/2020).

“Bulan K3 ini merupakan momentum bagi kita semua mulai dari pimpinan, manajer, karyawan, dan pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan memperhatikan petunjuk keselamatan dan kesehatan kerja sehingga tercapai zeco accident atau nihil kecelakaan kerja,” kata Wagub Idris Rahim.

BACA  Aleg Gorontalo Utara Minta Sektor Pertanian Diprioritaskan

Sesuai data dari BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo, dalam rentang waktu 2016-2019 terdapat 331 kecelakaan kerja di Provinsi Gorontalo. Kecelakaan kerja tersebut menyebabkan 25 orang di antaranya meninggal dunia, serta sebagian menderita cacat total dan cacat fungsi.

“Tentunya ini tidak kita harapkan. Ke depan, norma-norma K3 harus lebih diperhatikan agar tidak terjadi lagi kecelakaan kerja yang merugikan pekerja itu sendiri maupun perusahaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Transmigrasi dan Tenaga Kerja Amir Hadju dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan peringatan Bulan K3 sebagai upaya preventif edukatif bagi perusahaan dalam menerapkan dan mengutamakan K3. Amir menambahkan, rangkaian peringatan Bulan K3 di Provinsi Gorontalo sebelumnya telah diawali dengan sejumlah kegiatan di antaranya Apel Bulan K3, sosialisasi K3 dan simulasi kebakaran, serta kampanye bebas sampah plastik di tempat kerja.

BACA  Dari Pertemuan Wagub dengan BPS, Sensus Penduduk Jilid II Segera Digelar

“Kami terus berupaya memotivasi perusahaan dan para tenaga kerja untuk menerapkan K3 sehingga angka kecelakaan bisa diminimalisir atau bahkan bisa mencapai nihil kecelakaan kerja,” tandas Amir.

Pada peringatan tersebut Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menyerahkan piagam penghargaan kepada perusahaan yang meraih prestasi dengan nihil kecelakaan kerja yang dibagi dalam kategori perusahaan besar, sedang, dan kecil. Penghargaan juga diserahkan kepada perusahaan yang menerapkan program pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids.

BACA  Permudah ASN Miliki Rumah, Pemkab Gorontalo Jalin Kerjasama dengan BTN

Sementara, sebagai bentuk dukungan untuk mencapai nihil kecelakaan kerja, pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim bersama pimpinan perusahaan dan instansi terkait menandatangani komitmen bersama untuk menciptakan Gorontalo Berbudaya K3. Wagub juga menyerahkan secara simbolis santunan jaminan hari tua dan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris tenaga kerja.(adv/rwf/hg)


Komentar