Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perokok Pasif Bikin Perempuan Idap Kanker Paru

Oleh Aslan , dalam LifeStyle , pada Jumat, 21 Juli 2017 | 05:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Kanker paru bukan lagi menjadi jenis penyakit yang identik pada laki-laki. Spesialis paru dr Laksmi Wulandari SpP (K), memang tidak semua perempuan mempunyai riwayat merokok. Namun, Laksmi berpendapat bisa saja perempuan menjadi perokok pasif.

Yang harus diketahui, tidak ada perbedaan signifikan antara perokok aktif dan pasif. Paparan berlebih terhadap bahan-bahan toxic agent alias bahan beracun dalam rokok, polutan, dan paparan bahan kimia lain mencetuskan terjadinya penyakit ini.

Misalnya nikotin, bila dikonsumsi berlebihan bisa mencetuskan pertumbuhan sel yang abnormal. Hal tersebut berlanjut menjadi kanker. Sayang, hingga kini 90 persen pasien datang di stadium lanjut. Dengan keluhan sesak dan batu berdarah alias sudah masuk stadium 3 atau 4.

Bila sudah seperti itu, tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain melakukan kemoterapi dan radiasi untuk memperparah kondisi pasien. ’’Bisa dibilang, usianya tidak lebih dari setahun. Karena sel kankernya sudah menyebar,’’ ucap alumnus FK Unair ini. Berbeda bila diagnosis menujukkan kanker dalam stadium 1 atau 2. Artinya harapan hidup lebih dari 50 persen, dengan jalan operasi pengambilan jaringan kanker dalam. (hag/ina/JPC)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar