Personel Polres Boalemo Dibekali Ilmu Jurnalistik

Direktur Hargo.co.id, Femmy K. Udoki memberikan materi tentang teknis penulisan informasi dalam sebuah berita sesuai kaidah dan kode etik jurnalistik kepada personel Polres Boalemo dan jajaran.(Foto Sunarto Nusi/Hargo.co.id)

Hargo.co.id, GORONTALO – Polda Gorontalo menyelenggarakan sosialisasi dan pembinaan fungsi teknis kehumasan dirangkaikan pelatihan jurnalistik kepada personil humas Polres Boalemo dan jajaran Polsek. Kegiatan ini diikuti sedikitnya 32 personil bagian kehumasan bertempat di aula Mapolres Boalemo, Senin (21/10/2019).

Dalam pelatihan itu dibuka Kapolres Boalemo AKBP Ade Permana SIK.MH,  melalui Wakapolres Kompol Pietmon Tamalawe. Dalam arahnnya, Pietmon menegaskan bahwa Humas adalah corong dari pada Polri hingga jajaran.

“Tanpa humas, kita tidak akan kelihatan. Untuk itu, humas dari tingkat Mabes Polri sampai ditingkat Polda, Polres dan Polsek lebih dioptimalkan seiring kemajuan teknologi dewasa ini,” ungkap Wakapolres Pietmon Tamalawe.

Sepanjang sosialisasi ini, Mapolda Gorontalo melalui Bagian Humas turut menggandeng media Gorontalo Post sekaligus pemateri disampaikan Direktur Hargo.co.id, Femmy K. Udoki.

Di samping itu, terdapat pemateri dari Mapolda diantaranya, Kasubit Penmas Polda Gorontalo AKP Karsum Ahmad SH, Subdit Multimedia Polda Gorontalo IPDA Hartoyo dan Subdit PID Polda, IPDA Irda Tosubu SH.MH dalam materinya mengupas UU transparansi dan keterbukaan informasi.

Kasubit Penmas Polda Gorontalo AKP Karsum Ahmad dalam paparannya menyampaikan pelatihan jurnalistik para anggota Polri untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam menyajikan informasi dengan tidak mengenyampingkan aktualitas dan kebenaran informasi. Dengan begitu citra dan kinerja kepolisian terus  terbangun ditengah kemajuan jaman.

Karena itu, Kasubit Penmas Polda Gorontalo menghimbau sosialisasi dan pembinaan fungsi kehumasan dapat diimplementasikan seluruh personil Mapolres Boalemo bersama jajaran dalam menyajikan informasi yang benar kepada publik.

“Melalui pelatihan ini tujuannya agar personil kehumasan Polres Boalemo bersama jajaran Polsek lebih memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip jurnalistik dan mampu menyajikan informasi yang akurat, aktual dan prosedural,” beber AKP Karsum Ahmad.

Sementara itu, Femmy K. Udoki dalam paparannya lebih memberikan penguatan penyajian informasi yang benar serta teknis penulisan informasi dalam sebuah berita sebagaimana kaidah dan kode etik jurnalistik. (nrt/hg)

-