Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pertama di Gorontalo Utara, Suami Camat Tempati Ketua TP PKK

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 11 Juni 2021 | 13:05 WITA Tag:
  Pelantikan Ketua TP-PKK Kecamatan Sumalata yang dijabat Thamrin Yusuf. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik dari proses adat Moloopu Camat Sumalata, Hj. Osna Haluti. Yakni pertama kalinya di Gorontalo Utara (Gorut), suami camat menempati posisi Ketua TP PKK. 

Informasi yang berhasil dihimpun, Ketua TP PKK Kecamatan Sumalata, yang notabene suami dari Camat Sumalata, yakni, Thamrin Yusuf. Selain itu, Thamrin Yusuf  menjabat Asisten I Setda Gorontalo Utara. 

Padahal, sebelumnya, jabatan tersebut biasanya diisi oleh kaum perempuan. Kalau bukan istri pimpinan, maka istri wakil atau sekretaris pimpinan. Namun, dalam Permendagri Nomor 36 Tahun 2020, telah mengisyaratkan bahwasanya jabatan ketua PKK mulai dari menteri sampai kepala desa, itu bisa dijawab istri maupun suami pimpinan. Sehingga, posisi Thamrin Yusuf adalah sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Sumalata, karena istrinya menjabat camat.

Thamrin Yusuf dilantik oleh Ketua TP-PKK Gorut, Reni Yasin Hiola yang juga dihadiri ketua TP-PKK desa, di Gedung Graha Sobuto, Kecamatan Sumalata. Usai dilantik, Thamrin Yusuf mengatakan, dirinya akan siap dalam menjalankan tugas-tugas PKK, khususnya dalam membantu pemerintah daerah. 

“Karena kita memiliki andil besar dalam membantu pemerintah, baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa, serta bagaimana kita mampu membantu masyarakat terutama dalam hal kesejahteraan keluarga, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan,” kata Thamrin Yusuf. 

Ia juga juga mengingatkan kepada pengurus dan kader – kader PKK di tingkat desa agar turut mendukung keikutsertaan berbagai lomba. 

“Jadi, ada kepercayaan yang telah diberikan kepada kita untuk memimpin serta menjalankan roda organisasi ini, agar ini harus kita laksanakan dengan sebaik – baiknya serta penuh tanggung jawab sesuai dengan kebutuhan organisasi,” kata Thamrin Yusuf. 

Ia pun meminta kepada pengurus dan kader PKK di tingkat desa agar selalu bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah, terutama dalam mensinkronkan tugas pokok dan fungsi TP-PKK sesuai visi misi yang ada. (abk/adv/hargo)

BACA  Tanggulangi Kemiskinan, Data Disesuaikan Kebutuhan 5 Tahun Kedepan

Komentar