Selasa, 30 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pertamina Jamin Pasokan BBM-Elpiji, Jelang Natal dan Tahun Baru Suplai Ditambah

Oleh Aslan , dalam Ekonomi Headline , pada Rabu, 20 Desember 2017 | 10:58 AM Tag: , , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id  – Masyarakat Gorontalo tak perlu khawatir akan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji di Gorontalo. Pasalnya, Pertamina menjamin ketersediaan stok BBM dan elpiji untuk daerah ini dalam menghadapi natal dan tahun baru.

Ini sebagaimana yang diungkapkan Raden Tri Wahyu Atmojo, Jr Sales Executive Retail VII MOR VII Sulawesi saat diwawancarai Gorontalo Post terkait pasokan BBM dan elpiji di akhir tahun. “Pertamina sedang melakuan Satgas sejak 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018 guna memonitor kondisi stok depot, SPBU, maupun agen dan pangkalan LPG,” katanya.

Ia mengatakan, melihat track record tahun lalu, konsumsi bahan bakar cenderung stabil, tidak ada lonjakan yang signifikan. Hingga saat ini, belum ada peningkatan konsumsi BBM, rerata konsumsi BBM total 550-600 KL per hari.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, meskipun cenderung stabil dan tidak ada lonjakan yang berarti, kami sudah mengantisipasi apabila terjadi peningkatan konsumsi BBM dengan meningkatkan stok di depot hingga 15 persen.

Ketahanan stok BBM yang ada di depot yang semula hanya 10 hari ditingakatkan menjadi 15 hari,” jelasnya dan menambahkan, penyaluran dari depot juga akan dilakukan lebih pagi lagi untuk mengantisipasi potensi kemacetan di wilayah kota.

Untuk SPBU sendiri, lanjut Tri, pihaknya meminta untuk menyediakan 3 buah LO setiap harinya, sehingga ketika stok dirasa sudah berpotensi kritis, tidak perlu ke bank untuk setor terlebih dahulu. SPBU juga telah diminta untuk memberikan pelayanan prima, khusus untuk SPBU di jalur mudik dan jalur wisata disediakan tempat untuk beristirahat dengan dilengkapi fasilitas mini market, ATM, mushala dan toilet bersih serta tempat charger.

“Dan kami sudah mengimbau juga untuk tidak melakukan praktik-praktik tidak wajar, apabila terjadi kami akan menindak tegas. Kami juga sudah bekoordnasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi adanya kejadian yang di luar rencana seperti bencana alam, juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait, dalam rangka mensukseskan operasi lilin otanaha 2017,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan bank-bank persepsi dimana bank-bank tersebut tidak akan tutup selama masa cuti bersama sehingga memudahkan SPBU untuk melakukan penyetoran.
Terkait penyaluran premium, Tri menegaskan, Pertamina tidak pernah membatasi SPBU dalam menebus Premium. “Kami mengembalikan pada owner berapa banyak premium yang mau ditebus. Owner SPBU sendiri dalam menebus mengamati pangsa pasar di Gorontalo,” tegasnya.

Ia juga menuturkan, saat ini, konsumsi BBM sudah sedikit bergeser, kebanyakan masyarakat Gorontalo sendiri sudah cukup cerdas dalam memilih bahan bakar yang berkualitas untuk kendaraannya sehingga mempengaruhi keputusan owner SPBU untuk menebus BBM.

Sementara itu, elpiji, sebagaimana data diperoleh Gorontalo Post, untuk menghadapi tahun baru, Pertamina sudah meningkatkan penyaluran, semula menyalurkan hanya 120 metrik ton per hari, sekarang menyalurkan hingga 159 metrik ton per hari.

Depot elpiji Amurang (Sulut) dalam waktu dekat juga sudah dapat beroperasi, sehingga dapat menambah coverage days penyaluran elpiji karena supply point tidak bergantung dari Depot elpiji Anggrek.(dan/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar