Kamis, 1 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pesona Pantai Kota Ratu Kian Memikat Wisatawan  

Oleh Sunarto Nusi , dalam Headline Kab. Boalemo , pada Minggu, 10 November 2019 | 13:39 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Tak bisa dipungkiri, kemajuan destinasi wisata Pantai Kota Ratu makin tumbuh dan berkembang maju. Itu lantaran wisata terdapat di kawasan bibir pantai Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta tersebut banyak digandrungi masyarakat pengunjung.

Mereka tidak hanya dari kalangan lokal, namun juga kerap mendatangkan wisatawan mancanegara. Rata-rata para pengunjung mengaku terpesona dan takjub keindahan alamnya. Bahkan, tak sedikit dari mereka merasa betah berada di pantai pasir putih membentang luas itu.

BACA  Sebelum Mendaftar, Salat Hajat Awali Langkah Pasangan Rustam-Dicky

Belum lagi, suasana sore hari yang makin memikat hati karena indahnya sunset atau sinar matahari kala terbenam di ufuk barat. Pesona wisata Pantai Kota Ratu inilah membuat kawasannya tak pernah sepi setiap akhir pekan. Tercatat para pengunjung berdatangan dari berbagai daerah dan luar daerah bisa mencapai ratusan setiap pekannya.

Hal itu membuahkan dampak positif bagi kalangan warga lokal. Umumnya mereka yang memanfaatkan usaha atau dagangan berupa hasil kuliner. Kades Tenilo Rafli Biya ketika diwawancarai media ini, mengaku berkat banyaknya pengunjung wisata Pantai Kota Ratu membawa berkah tersendiri bagi kalangan warga setempat.

BACA  2,5 Tahun Berpisah, Nelson-Fadli Bersua di Masjid Baiturrahman Limboto

Pasalnya, hasil usaha kuliner laku terjual. Lebih membanggakan lagi dari rata-rata pendapatan pelaku UMKM di lokasi wisata bisa mencapai puluhan juta dalam sepekannya.

“Ini membuktikan bahwa wisata Pantai Kota Ratu mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat Desa Tenilo khususnya,” tutur Rafli Biya.

BACA  Hamim Pou Minta Hentikan Aktivitas Tambang Liar di Bone Bolango

Di satu sisi, keberadaan wisata terbilang baru ini sudah cukup mendunia dan juga mendapat perhatian tersendiri pemerintah pusat. Yakni Kementerian Pariwisata dan Kemendes-PDTT melalui hasil penilaian Desa Wisata Nusantara masuk kategori 5 besar wisata berkembang tingkat nasional.

Kini wisata ciri khas pasir putih membentang luas itu berkompetisi meraih juara umum penilaian Desa Wisata Nusantara pada 19 November 2019 mendatang. (nrt/hg)


Komentar