Senin, 29 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Petani di Tolinggula Sulit Dapat Pupuk, Instansi Terkait Diminta Berinovasi

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 25 November 2021 | 22:05 PM Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorut, Lukman Botutihe

Hargo.co.id, GORONTALO – Petani di Tolinggula, Gorontalo Utara (Gorut) mengaku kesulitan dapat pupuk. Itu lantas menuai reaksi dari Anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukman Botutihe dan meminta perhatian serius dari pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Menurut Lukman Botutihe, petani yang ada di Tolinggula mengalami kesulitan untuk mendapatkan pupuk. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, karena pupuk merupakan kebutuhan pokok petani saat melakukan penanaman.

“Jika merujuk pada regulasi, Dinas Pertanian tidak memiliki kewenangan terkait dengan kegiatan para distributor. Hanya saja terkait dengan legitimasi atau rekomendasi untuk pengurusan sebagai distributor pupuk, tentu dari pihak dinas memiliki akses untuk itu,” katanya. 

Lukman Botutihe berharap pihak instansi terkait dapat mendengarkan apa yang menjadi keluhan dari para petani yang ada di daerah pemilihannya. 

“Para petani saat ini sangat sulit mendapatkan pupuk bersubsidi yang dibutuhkan, dan ini tentu merugikan para petani, dan mempengaruhi perekonomian dan juga tingkat kesejahteraan para petani,” tegas Lukman Botutihe.

Untuk itu, pemerintah daerah melalui dinas pertanian diharapkan dapat melihat persoalan ini dan mencarikan solusinya. 

“Harus ada inovasi agar para petani tidak menderita karena tidak terpenuhi pupuk yang menjadi kebutuhan mereka,” pungkasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar