Jumat, 31 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Petik Dua Hikmah Idul Adha di Masa Pandemi

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Jumat, 31 Juli 2020 | 22:05 WITA Tag: ,
  Bersama keluarga, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melaksanakan salat Idul Adha di Rudis, Jumat (31/07/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada dua hal yang perlu dipetik dalam hikmah Idul Adha di masa pandemi. Ini terungkap dalam khutbah Yaser Arafat Dama pada Salat Idul Adha di Rumah Dinas Gubernur Gorontalo.

Perlu disampaikan bahwa pada salat tersebut diikuti oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie bersama keluarganya, Jumat (31/07/2020). Bertindak sebagai imam saat itu yakni Ismail Langaso dan khotib Yaser Arafat Dama.

BACA  Ini Penjelasan Hamim Pou Tentang DID pada Webinar

Dalam khutbahnya, Yaser Arafat Dama menyampaikan ada dua hikmah yang bisa diambil dalam pelaksanaan Idul Adha di masa pandemi. Hikmah pertama adalah hikmah vertikal yang membuat manusia semakin dekat dengan Allah SWT.

“Kurban memiliki arti dekat. Dekat yang dimaksud adalah dengan melaksanakan kurban, mampu mendekatkan kita kepada Allah karena telah mengerjakan salah satu perintahnya,” ucap Yaser Arafat Dama.

BACA  Pemprov Salurkan Enam Ton Beras Cadangan

Hikmah kedua menurutnya adalah hikmah horizontal. Melalui amalan berkurban, diharapkan mampu membantu kesusahan yang sedang dialami oleh sesama manusia di tengah pandemi Covid-19.

“Selain dekat kepada Allah, kita juga semoga mampu dekat dengan sesama ciptaan-Nya dengan berbagi daging kurban, apalagi disaat situasi Covid-19 seperti saat ini,” pungkasnya.

BACA  Gubernur Tegaskan, Jangan Anggap Remeh Covid-19

Usai melaksanakan salat Idul Adha, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Idah Syahidah menuju Masjid Al Marhamah di Kecamatan Suwawa, Bone Bolango. Di tempat itu ia menyerahkan bantuan sapi Presiden Joko Widodo berupa satu ekor Brahman Cross berbobot 1.35 ton.(adv/rwf/hg)


Komentar