Selasa, 6 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pilih Moeldoko, KLB Demokrat Tandingan Preteli DPP Pimpinan AHY

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara Kabar Politik , pada Jumat, 5 Maret 2021 | 22:05 WITA Tag: , ,
  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Istimewa


Hargo.co.id, JAKARTA – Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko terpilih menjadi ketua umum Partai Demokrat (PD) dalam kongres luar biasa (KLB) di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3).

Mantan Panglima TNI itu menjadi ketua umum PD setelah memenangi proses pemilihan calon ketua umum dalam KLB yang dipimpin Jhoni Allen Marbun tersebut.

Moeldoko menggungguli pesaingnya, Marzuki Alie, yang juga menjadi calon ketua umum partai berlambang segitiga merah putih itu.

BACA  Ini Kata Bambang Widjojanto Terkait Gugatan Terhadap Penggerak KLB Deli Serdang

“Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum PD 2021-2026,” ujar Jhoni Allen dalam KLB yang disiarkan langsung melalui YouTube itu.

KLB itu juga mencopot Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari posisi ketua umum PD. Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menjadi ketua umum hasil Kongres V PD di Jakarta, Maret 2020.

“Dewan Pimpinan Pusat 2020-2021 yang diketuai AHY dinyatakan demisioner,” ungkap Jhoni.

BACA  Moeldoko Terperangkap Jebakan SBY, Jokowi Tak Happy

Selain itu, KLB PD di Sibolangit juga menetapkan Marzuki Alie menjadi ketua dewan pembina. Mantan ketua DPR itu pernah menjadi sekretaris jenderal PD periode 2010-2015.

Terpisah, Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PD Kamhar Lakumani menyatakan bahwa parpol pemenang Pemilu 2009 itu tidak mengagendakan KLB.

Menurutnya, DPP PD di bawah kepemimpinan AHY belum pernah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang penyelenggaraan KLB di Sumatera Utara.

BACA  Kubu Moeldoko Gagal Daftar, Kubu AHY Bilang Begini

“Jika ada yang mengatasnamakan PD untuk menyelenggarakan KLB, itu pasti ilegal,” kata Kamhar dalam keterangan resmi kepada awak media, Jumat (5/3).(ast/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Pilih Moeldoko, KLB Demokrat di Sibolangit Preteli DPP Pimpinan AHY“. Pada edisi Jumat, 05 Maret 2021.

Komentar