Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pilih Tim Nasional Jadi Dilema Winger Tercepat Premier League

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Sepakbola , pada Rabu, 7 Oktober 2020 | 14:05 WITA Tag: ,
  Adama Traore berpeluang menjalani debut bersama timnas Spanyol saat menghadapi timnas Portugal dini hari nanti (8/10). (Friedemann Vogel / POOL / AFP)


Hargo.co.id, WOLVERHAMPTON – Winger Wolverhampton Wanderers Adama Traore pernah berada dalam dilema terkait karir internasionalnya. Antara memperkuat timnas Spanyol, negara tempat dia dilahirkan, atau memilih berkarir di timnas Mali yang notabene negara asal keluarganya.

Dini hari nanti (8/10) Adama tidak akan lagi dilema karena debutnya bersama La Furia Roja –julukan timnas Spanyol– sudah menanti. Yakni, saat La Furia Roja beruji coba kontra timnas Portugal di Estadio Jose Alvalade (siaran langsung Mola TV pukul 01.45 WIB).

’’Dipanggil bersama timnas senior merupakan impian semua pemain Spanyol. Saya merasa senang akhirnya bisa berada di sini (skuad La Furia Roja, Red) dan semoga saya bisa segera mengawalinya (menghadapi Portugal dini hari nanti, Red,’’ harap Adama seperti dilansir AS.

BACA  Spurs Tolak Tawaran PSG Senilai Rp 28,8 Miliar

Dini hari nanti sejatinya merupakan percobaan ketiga Adama mengenakan jersey La Furia Roja untuk kali pertama. Pada November 2019, dia diproyeksikan melakoni debut dalam kualifikasi Euro 2020 menghadapi Malta dan Rumania. Sayang, cedera menggagalkan mimpinya.

Dua bulan lalu, winger tercepat di Premier League itu kembali dipanggil entrenador Luis Enrique masuk skuad untuk laga UEFA Nations League 2020–2021 melawan Jerman dan Ukraina. Lagi-lagi nasibnya apes. Kali ini Adama harus meninggalkan Las Rozas (kamp latihan La Furia Roja) setelah dinyatakan positif Covid-19. ’’Saat ini adalah kesempatan terbaikku,’’ tegas Adama.

BACA  Terancam Bangkrut! Lampard Minta Liga Premier Bantu Klub-klub Ini

Bak gayung bersambut, Enrique seperti dilansir Goal telah mengisyaratkan untuk memberikan kesempatan bagi Adama menjalani debut. ’’Ini sudah kali ketiga (memanggil Adama). Jadi, saya pikir memang sudah saatnya,’’ sebut Lucho –panggilan akrab Enrique.

Terkait pilihan Adama antara Spanyol dan Mali, Enrique mengaku mengetahuinya sejak awal. ”Yang saya tahu, saya sudah berbicara dengannya dan dia memang ingin bermain untuk Spanyol,’’ tutur mantan entrenador FC Barcelona itu.

Keputusan Adama mengingatkan pada Theo Hernandez Desember tahun lalu. Bek kiri AC Milan itu berada di antara dua pilihan, membela Spanyol atau Prancis. Sebab, dia dilahirkan di Prancis, tapi tumbuh dan berkembang di Spanyol.

BACA  Manchester United Permalukan Paris Saint Germain

Pada akhirnya, Theo enggan memperkuat Spanyol dan lebih memilih Les Bleus –julukan Prancis. Tapi, sampai saat ini, dia belum juga mendapat panggilan dari entraineur Didier Deschamps.(jawapos/hg)

PERKIRAAN PEMAIN
PORTUGAL (4-3-3): 12-Lopes (g); 2-Semedo, 4-Dias, 3-Pepe©, 5-Guerreiro; 8-Moutinho, 14-Carvalho, 11-Bruno Fernandes; 17-Podence, 23-Joao Felix, 15-Jota
Pelatih: Fernando Santos

SPANYOL (4-3-3): 1-De Gea (g); 22-Navas, 4-Pau Torres, 15-Ramos©, 21-Reguilon; 6-Merino, 5-Busquets, 8-Ceballos; 16-Adama, 19-Rodrigo, 17-Fati
Pelatih: Luis Enrique

Asian Handicap: 0:0

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Pilih Tim Nasional Jadi Dilema Winger Tercepat Premier League“. Pada edisi Rabu, 07 Oktober 2020.

Komentar