Minggu, 13 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pilkada 2020 Bisa Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Headline Kabar Politik , pada Sabtu, 23 Mei 2020 | 14:05 WITA Tag: , , ,
  Warga menggunakan hak suaranya di pilkada. Foto: dok.JPNN.com


Hargo.co.id, JAKARTA – Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar optimistis Indonesia mampu menjalankan demokrasi dengan baik di tengah ancaman pandemi virus Corona (COVID-19).

Agenda terdekat, pelaksanaan pemilihan kepala daerah di 270 daerah, Desember mendatang.

“Bangsa ini harus bangkit, menjalankan demokrasi di tengah wabah pandemi Covid-19,” ujar Bahtiar dalam pesan tertulis, Sebagaimana dilansir oleh jpnn.com, Jumat (22/5).

BACA  Wagub Gorontalo Ajak Rakyat Patuhi Protokol Kesehatan

Bahtiar mengakui wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia, memiliki tantangan khusus yang belum pernah dialami penyelenggara pemilu di belahan dunia mana pun.

“Memang seluruh dunia itu trial dan error, belajar dari yang sukses dan dari yang gagal. Semua negara termasuk penyelenggara pemilu di seluruh dunia belum punya pengalaman menghadapi pemilu atau pilkada dalam situasi wabah,” ucapnya.

BACA  Istri Gubernur Gorontalo Sempat Terpapar Covid-19

Pria yang juga menjabat kepala pusat penerangan (kapuspen) Kemendagri ini juga mengatakan, pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 menjadi tantangan demokrasi tersendiri di era ini.

Selain harus mampu menjamin kedaulatan rakyat, juga perlu menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Prinsipnya, kemendagri, kemenkes, Gugus Tugas Covid-19 dan aparat lain siap mendukung sepenuhnya, termasuk mempertajam protokol kesehatan yang akan disiapkan,” katanya.

Sebelumnya saat menjadi pembicara pada diskusi online yang digagas Badan Saksi Nasional DPP Partai Golkar, Kamis (21/5) kemarin, Bahtiar juga mengatakan pemerintah siap mendukung penuh pelaksanaan Pilkada 2020.

BACA  Riset Covid-19 Cuman Rp 5 Miliar, Biaya Buzzer Rp 90-an Miliar

“Kita harus optimistis, bahwa kita bisa melaksanakan pilkada kali ini dengan baik dan berjalan sesuai azas demokrasi,” pungkas Bahtiar.(gir/jpnn/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh jpnn.com dengan judul yang sama. Pada edisi Jumat, 22 Mei 2020.

Komentar