Kamis, 8 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pilkada 2020, Gerindra Pohuwato Paling Siap

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Politik , pada Selasa, 10 Maret 2020 | 06:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi. Pilkada 2020 di Gorontalo, nampaknya Partai Gerindra Pohuwato paling siap.


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik terkait rencana Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Gorontalo dalam menyikapi Pilkada 2020. Betapa tidak, dari tiga kabupaten yang bakal selenggarakan Pilkada, nampaknya Partai Gerindra Pohuwato boleh dikatakan paling siap.

Kenapa bisa? Bukankan di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango, Partai Gerindra juga miliki kader yang layak jual? Usut punya usut, figur yang diusung Partai Gerindra di Pilkada Pohuwato sudah di meja DPP. Bukan hanya sebatas mengusulkan satu nama, tapi sudah dalam bentuk pasangan.

Ini terungkap ketika DPD Partai Gerindra Gorontalo menggelar konferensi pers terkait kongres bulan depan. Saat masuk dalam sesen tanya jawab, muncul pertanyaan terkait kesiapan Parpol besutan Prabowo Subianto itu pada tiga Pilkada di Gorontalo. Oleh Ketua DPD Partai Gerindra Gorontalo, Elnino Moh. Husain Mohi, dijawab bahwa sangat siap.

BACA  Kubu Moeldoko Gagal Daftar, Kubu AHY Bilang Begini

“Kami sudah siap untuk ikut pada Pilkada tiga daerah di Gorontalo. Kami juga terus membuka diri untuk berkoalisi dengan Parpol lainnya. Sebagai bukti kesiapan kami, saat ini sudah diusulkan ke DPP guna mendapat rekomendasi pasangan yang akan diusung pada Pilkada Pohuwato,” jelas Elnino Moh. Husain Mohi.

Lalu siapa nama yang diusul? Elnino Moh. Husain Mohi menjelaskan bahwa calon bupati diusulkan nama Ketua DPC Gerindra Pohuwato, Saipul Mbuinga dan untuk calon wakil bupati yakni kader Partai Golkar, Suharsih Igirisa.

“Kami di DPRD Pohuwato memiliki 3 kursi. Artinya, butuh dua kursi lagi untuk memenuhi syarat agar dapat mengusung. Terkait komunikasi politik, kami sudah menemui sejumlah pimpinan Parpol untuk diajak berkoalisi. Komunikasi dijalankan sembari menunggu restu dari DPP Partai Gerindra,” kata Elnino Moh. Husain Mohi.

BACA  Demokrat Kubu AHY Minta Moeldoko dan Jhoni Allen Buat Partai Baru

Lalu bagaimana dengan rencana partisipasi Partai Gerindra di Pilkada Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango? Ketua DPC Partai Gerindra, Dudi Suganda Daud menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah mengusulkan nama-nama ke DPP.

“Kami mengusulkan nama pak Nelson Pomalingo dan Sekretaris DPD Partai Gerindra Gorontalo, Tomy Ishak. Hanya saja, nama-nama yang kami usulkan itu, belum berbentuk pasangan,” kata Dudi Suganda Daud.

Lanjut katanya, pihaknya juga kini tengah melakukan komunikasi politik guna membangun koalisi. Maklum, di DPRD Pohuwato, Partai Gerindra hanya mampu menempatkan seorang kadernya. Sehingga, koalisi sangat penting.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Bone Bolango, Tahir Badu mengaku jika kini pihaknya juga tengah menjalankan komunikasi dengan Parpol lain guna membangun koalisi. Tiga kursi di parlemen Bone Bolango juga belum cukup untuk mengusung pasangan di Pilkada.

BACA  Pengamat Politik UI Ungkap Penyebab Partai Demokrat Dihajar Moeldoko Dkk, Oh Ternyata

“Kami sementara membuka penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati. Nantinya nama-nama tersebut akan dipilih dan diusulkan untuk mendapat rekomendasi dari DPP Partai Gerindra,” jelas Tahis Badu.

Apakah itu berarti bahwa Partai Gerindra Bone Bolango belum mengusulkan nama ke DPP? Oleh Tahir Badu dijawab, ya.

Melihat tiga DPC Partai Gerindra yang akan ikut serta di Pilkada 2020, nampaknya Partai Gerindra Pohuwato paling siap. Calon bupati dan calon wakil bupati sudah di meja DPP. (jdm/hg)  


Komentar