Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pilkada Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Minggu, 8 November 2020 | 22:05 WITA Tag: , , , ,
  Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD


Hargo.co.id, GORONTALO – Pada 2020 ini, di Gorontalo ada tiga daerah yang menggelar Pilkada. Ketiganya yakni Kabupaten Gorontalo, Pohuwato dan Bone Bolango.

Terkait dengan itu, ada kekhawatiran Pilkada serentak tahun ini justru menimbulkan masalah baru. Apalagi digelar di tengah pandemi Covid-19. Terlebih Pilkada ini sudah pernah ditunda karena wabah ini.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menegaskan agar Pilkada serentak tahun ini jangan jadi klaster baru Covid-19.  Harapan ini, bukan hanya kepada penyelenggara, namun seluruh pemerintah yang daerahnya menggelar Pilkada.

BACA  Semangati Tenaga Kesehatan, Ini yang Dilakukan RS Covid Wisma Atlet

”Oleh karena itu, melalui Gunung Kidul ini saya berpesan kepada seluruh KPU dan Bawaslu serta Forkopimda di seluruh Indonesia untuk menjaga pilkada ini agar selesai dengan baik, tanpa muncul klaster baru Covid-19 dari tahap-tahap yang masih akan kita hadapi hingga 9 Desember,” kata Mahfud saat arahan persiapan Pilkada 2020 di depan para ketua KPU, ketua Bawaslu, dan Forkopimda se-Jogjakarta di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Sabtu (07/11/2020) seperti yang dilansir jawapos.com.

BACA  Covid-19 Segera Berakhir, Gubernur: Syaratnya Patuhi Protokol Kesehatan

Pesan Mahfud MD sangat beralasan karena Pilkada Serentak 2020 itu akan melibatkan 309 kabupaten dan kota untuk memilih 270 kepala daerah.

Pilkada 2020 akan diselenggarakan di 270 wilayah di Indonesia pada 9 Desember. Jumlah tersebut terdiri atas pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati. Pemilihan gubernur dan wakil gubernur berlangsung di sembilan provinsi. Yakni Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

BACA  Paripurna PAW Aleg di Pohuwato Ketat Protokol Kesehatan

Sedangkan pemilihan wali kota dan wakil wali kota akan dilaksanakan di 37 kota yang tersebar di 32 provinsi dan  pemilihan bupati dan wakil bupati bakal digelar di 224 kabupaten. (jp/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar