Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pilkades Sistem e-Voting di Boalemo, Dilirik Daerah Tetangga  

Oleh Sunarto Nusi , dalam Kab. Boalemo , pada Selasa, 19 November 2019
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Sistem e-voting pada penyelenggaraan Pilkades di Boalemo, nampaknya dilirik oleh daerah tetangga. Itu tak lepas dari keberhasilan selama menyelenggarakan Pilkades pada 2019 ini.

Informasi yang berhasil dihimpun, sudah tiga kali Boalemo menyelenggarakan Pilkades dengan system e-voting. Hasilnya cukup memuaskan, sehingga dilirik sejumlah daerah-daerah untuk dijadikan pilot project dan percontohan. Ini diakui oleh Bupati Boalemo, Darwis Moridu saat diwawancarai media ini, di sela-sela memantau Pilkades di Desa Tapadaa, Botumoito, Senin (18/11/2019).

“Alhamdulillah hajatan Pilkades serentak sistem e-voting yang ketiga kalinya diselenggarakan Pemkab Boalemo 2019 ini berlangsung aman dan sukses. Semua berjalan dengan transparan dan bebas dari praktek penyimpangan. Karena hasilnya langsung dipublikasikan dan mudah diakses warga begitu  perhitungan suara hasil e-voting oleh masyarakat pemilih,” ungkap Bupati H. Darwis Moridu.

Suksesnya proses pemilihan sistem e-voting ini pula, kini mendapat perhatian daerah-daerah di Provinsi Gorontalo bahkan dari luar provinsi.

“Seperti halnya Kabupaten Gorontalo dalam waktu dekat mengadakan studi komparatif saat proses Pilkades sistem e-voting berlangsung. Rencananya, hari ini (Senin kemarin,red), Pemkab Gorontalo akan berkunjung melihat secara dekat seperti apa pelaksanaan sistem e-voting. Hanya saja, kunjungan itu masih ditunda,” urai Darwis Moridu.

Sementara itu, ia tak lupa memberikan penghargaan dan apresiasi tinggi seluruh komponen masyarakat, pemerintah desa, kecamatan dan TNI/Polri turut serta mengawal dan menjaga stabilitas selama berlangsungnya Pilkades di 35 desa se Kabupaten Boalemo.

Begitu pula, peran andil seluruh calon kepala desa, baik yang terpilih maupun tidak terpilih, bersama-sama menjaga marwah demokrasi mengedepankan kerukunan dan kekeluargaan. Usai pemantauan di Desa Tapadaa, bupati bersama rombongan lantas beranjak ke wilayah Kecamatan Mananggu. (nrt/hg)