Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pilwako Gorontalo-Pilbup Gorut, Kesiapan Anggaran Harus Clear Juni!

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 31 Mei 2017 | 14:19 WITA Tag: , , , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda) tak bisa lagi berleha-leha untuk memastikan kesiapan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Pasalnya, pelaksanaan tahapan hajatan demokrasi lima tahunan itu semakin dekat. Diharapkan kesiapan anggaran yang ditandai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah clear (tuntas,red) Juni mendatang.

Harapan tersebut mengemuka dalam pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo bersama KPU Kota Gorontalo dan KPU Gorontalo Utara (Goru), Selasa (30/5), di kantor KPU Provinsi Gorontalo. Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk memastikan kesiapan anggaran pra pelaksanaan tahapan Pilwako Gorontalo dan Pilbup Gorut.

BACA  Wagub Harap, HUT TNI Jadi Momen Perkuat Sinergi Tangani Covid-19

Dalam pertemuan terungkap, besaran kebutuhan anggaran untuk Pilwako Gorontalo sebesar Rp 27,8 miliar. Sedangkan kebutuhan anggaran untuk Pilbup Gorut sebesar Rp 23,7 miliar. Sampai dengan kemarin (30/5), KPU Kota Gorontalo maupun KPU Gorut belum melakukan penandatanganan NPHD.

Ketua KPU Gorut Fadliyanto Koem menjelaskan, usulan kebutuhan anggaran Pilbup Gorut sudah disampaikan ke Pemkab Gorut beberapa waktu lalu. “Kita sudah melakukan pertemuan dan pembahasan. Insya Allah besok (hari ini,red) kita akan lagi melakukan pertemuan untuk memfinalisasi kesiapan anggaran,” ujar Fadliyanto.

Hal senada disampaikan Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba. Menurutnya, KPU Kota Gorontalo akan melakukan pertemuan kembali bersama Pemkot dan Dekot terkait kesiapan anggaran Pilwako.

BACA  Kasus Covid-19 Meningkat di Kota Gorontalo, Ditunggu Langkah Konkrit Pemerintah

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Gorontalo Muh.N Tuli mengatakan, kesiapan anggaran salah satu hal pokok dalam menunjang kelancaran dan kesuksesan anggaran. Karena itu, KPU Provinsi Gorontalo yang memiliki hubungan hirarki dengan KPU kabupaten/kota melakukan supervisi untuk memastikan kesiapan anggaran Pilkada. Khususnya Pilwako Gorontalo dan Pilbup Gorut.

“Kesiapan anggaran merupakan hal yang krusial. Karena itu sebelum tahapan dimulai, kesiapan anggaran harus dipastikan terlebih dahulu,” ujar Muh. N Tuli kepada Gorontalo Post usai pertemuan.

BACA  1.000 Korban Banjir Bandang di Pohuwato Terima Bantuan Pemprov

Lebih lanjut Muh.N Tuli menegaskan, diharapkan kesiapan anggaran sudah tuntas pada Juni. Sebab, mengawali pelaksanaan tahapan Pilwako Gorontalo dan Pilbup Gorut, KPU akan melakukan sosialisasi.

“Sosialisasi sangat penting sehingga dilakukan lebih awal. Maka agar tidak mengganggu pelaksanaan sosialisasi diharapkan kesiapan anggaran sudah tuntas pada Juni,” ungkap Muh. N Tuli.

Karena itu, Muh.N Tuli menekankan kepada KPU Kota dan Gorut untuk terus berkoordinasi dengan Pemkot Gorontalo dan Pemkab Gorut.

“Komunikasikan dan koordinasikan dengan baik. Sehingga terbangun sinergitas dan hubungan positif dalam rangka kelancaran serta kesuksesan penyelenggaran Pilkada,” tandas Muh.N Tuli.(san/hargo)


Komentar