Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



PKB Tarik Dukungan dari IQRA

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 24 Januari 2018 | 09:30 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id  –  Perubahan dukungan partai terhadap kandidat calon masih terjadi di Pilkada Gorut. Meski saat mendaftar ke KPU beberapa waktu lalu, pasangan calon telah menyertakan dokumen resmi dukungan partai.

Partai yang telah merubah dukungan yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Awalnya PKB mendukung pasangan calon bupati-wakil bupati, Indra Yasin-Thariq Modanggu (Iqra). Kini, PKB menarik dukungan dan beralih ke pasangan calon bupati-wakil bupati Roni Imran-Ismail Patamani (NKRI).

Ketua DPC PKB Gorut Nurdin Buhang, kepada Gorontalo Post, Selasa (23/1) mengatakan, proses pengajuan dukungan terhadap pasangan Iqra berjalan tidak sesuai prosedur.

Seharusnya pengajuan pasangan calon melalui mekanisme internal partai. Yakni melalui rapat DPC. Setelah disetujui di internal pengurus partai selanjutnya diusulkan ke DPP untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) rekomendasi.

BACA  Jelang JMSC, Sejumlah Tim Mulai Lakukan Uji Coba

“Saya sendiri selaku ketua partai kaget, tiba-tiba tanpa ada rapat pengurus, SK sudah turun dan mendukung pasangan IQRA. Ternyata proses SK hanya diusulkan oleh oknum pengurus lain,” jelasnya.

Sebagai pimpinan partai kata Nurdin, pihaknya langsung bersikap dengan membuat surat keberatan ke Ketua Umum DPP PKB terkait mekanisme pengajuan pasangan calon yang didukung PKB Gorut yang tidak melalui prosedur.

“Saya komunikasi langsung dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Selanjutnya beliau fasilitasi mengkomunikasikan masalah ini dengan tim Pilkada DPP PKB,” kata Nurdin.

Pihaknya kata Nurdin, juga berkomunikasi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait dukungan DPC PKB Gorut. Karena Ismail Patamani selaku Ketua DPC NU Gorut maju bertarung di Pilkada sebagai calon wakil bupati mendampingi Roni Imran.

BACA  BPKH Paparkan Capaian Selama Pandemi Covid-19 

“Ketua PC NU Gorut pak Ismail Patamani kan maju. Maka harus kita dukung. Bahkan ini perintah PB NU,” jelasnya lagi. Nurdin mengakui, DPP PKB telah membahas masalah ini. Perubahan dukungan akan segera keluar dari DPP PKB. Dia memastikan SK dukungan PKB terhadap pasangan IQRA akan dicabut dan dukungan PKB diberikan kepada pasangan Nurani Kami Roni Imran-Ismail Patamani (NKRI). “Ya DPP PKB sudah membahasnya. PKB akan memberikan dukungan terhadap paket NKRI,” tandasnya dengan nada serius.

Meski tidak memiliki kursi di Parlemen Pantura (DPRD Gorut), namun dukungan PKB patut diperhitungkan karena memiliki basis massa riil, utamanya kalangan Nahdiyyin.

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan IQRA Djafar Ismail ketika dikonfirmasi Gorontalo Post terkait penarikan dukungan PKB dari pasangan IQRA mengatakan, dukungan partai politik terhadap pasangan Indra-Thariq tentu ada mekanisme, baik yang bersifat internal maupun yang menjadi persyaratan penyelenggara Pilkada.

BACA  Kerja Sama Pemda Gorut dan Pohuwato Dapat Apresiasi Dari Sekdaprov Gorontalo

“Seluruh parpol itu bukti dukungan adalah rekomendasi atau ada yang disebut Surat Keputusan. Dan di pasangan IQRA seluruh partai politik baik pengusung dan pendukung memiliki itu termasuk PKB,” jelasnya.

Penerbitan blangko B1KWK sebagaimana syarat format KPU, kata Djafar, itu sebagai bukti DPP masing-masing partai memerintahkan pengurus partai di tingkat bawah untuk memberikan dukungan pasangan calon.

“Terlepas dari apa yang diwacanakan, bagi kita tidak terlalu berpengaruh. Kita serahkan sepenuhnya kepada internal PKB,” kata Wakil Ketua DPRD Gorut yang juga Ketua DPC PDIP Gorut ini.(idm/hg)


Komentar