Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



PKL di Jalan Sutoyo, Kota Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Sabtu, 25 Februari 2017 | 10:38 Tag: ,
  

GORONTALO POST-hargo.co.id- PKL di kawasan pasar jajan Kota Gorontalo, tepatnya di Jalan Sutoyo, Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan mulai terbiasa dengan suasana di kawasan tersebut. Kini kawasan tersebut, sangat ramai di kunjungi pembeli pada jam-jam tertentu.

PKL di Jalan Sutoyo awalnya merupakan pedagang yang menempati beberapa lokasi di kawasan Kota Gorontalo. Hanya saja, mereka diminta untuk pindah lokasi karena dinilai dapat menganggu arus lalulintas.

Seperti halnya Fahri, salah seorang pedagang. Sebelum menempati area Jalan Sutoyo, ia mulanya berjualan di kawasan taman bisnis Karsa Utama, yang terletak di Jalan S. Parman, Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan.

Namun semenjak pelarangan berjualan di area tersebut yang oleh pemerintah kota karena dapat menggangu arus lalu lintas di area itu, akhirnya para PKL memutuskan untuk pindah, dan tetap menggeluti usaha tersebut di lokasi berbeda.

“Sekitar empat tahun lalu torang di kase pindah sama pemerinta, mungkin karena mengganggu aktifitas trasportasi, kita dipindahkan disini, awalnya hanya 2 pedagang saya dan yang di seberang jalan.

(menunjuk ke lapak lainnya) beberapa bulan kemudian sudah banyak yang jual disini,” ungkap Fahri, belum lama ini.Meskipun hanya berjualan dengan menggunakan perlengkapan seadanya, seperti tenda dan meja yang ditata sedemikian rupa, namun dagangan yang ditawarkan PKL.

di area tersebut sangat beragam. Mulai dari sepatu, baju, celana, hingga aksesoris anak dan orang dewasa terpajang di lapak mereka.Harga yang ditawarkan mereka pun tergolong cukup murah, mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu per pasangnya.

Ini dilakukan mereka setiap hari demi menjaga pendapatan mereka tetap stabil walaupun dengan keuntungan relatif kecil, diantara Rp 300-400 ribu. “Untung sedikit saja sudah syukur yang penting lancar,” tuturnya.(*/hg)

(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar