Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



PLN Kaji Pembangunan FSRU di Wilayah Sumatera

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Kamis, 7 September 2017 | 05:00 Tag: , ,
  Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)

Hargo.co.id – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) saat ini tengah mengkaji pembangunan Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di wilayah Sumatera Utara.

Pembangunan itu merupakan opsi bagi BUMN listrik tersebut untuk memenuhi kebutuhan gas bagi PLTGU Sumbangut 3 dan 4.

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN Nicke Widyawati mengungkapkan, saat ini kajian tersebut tengah memasuki tahap Feasibility Study (FS) atau uji kelayakan.

PLN masih harus mereview sejauh mana wilayah tersebut dalam memberikan optimalisasi penyaluran gas ke PLTGU Sumbangsih 3 dan 4.

“Ini sedang kita kaji mana yang paling optimal menurunkan biaya pokok produksi (BPP),”ujarnya, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/9).

Lanjutnya, Nicke menjelaskan jika lokasi FSRU masih belum ditetapkan. Namun, pembangunannya dipastikan akan berada tidak jauh dari PLTGU Sumbangsih 3 dan 4.

“Jadi kita akan melihat bagaimana, apakah akan supply keseluruhan, kita lihat paling optinmal. Yang pasti ada dua pilihan, apakah FSRU ini banyak supply atau yang lainnya,” tandasnya.

Sekedar informasi, dalam memproduksi listrik di wilayah tersebut, PLN menilai biaya distribusi gas terlalu mahal. Untuk itu, PLN terus mencari opsi agar biaya distribusi gas tidak mahal, salah satunya dengan pembangunan FSRU di sekitar PLTGU Sumbangsih.

(cr4/JPC/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar