Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pohuwato Menuju Kota Madani

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Senin, 8 Mei 2017 | 09:50 Tag: , ,
  

MARISA, hargo.co.id – Pembangunan terus dipacu, penataan birokrasi terus dilakukan, pemberdayaan masyarakat dijadikan program utama.

Tak heran, Kabupaten Pohuwato kini menjadi daerah dengan pertumbuhan pembangunan dan ekonomi yang begitu pesat di Gorontalo. Hari ini, daerah yang dibentuk dengan Undang-undang nomor 06 tahun 2003 ini, genap berusia 14 tahun.

Jika dianalogikan dalam usia manusia, 14 tahun masih remaja yang baru akan beranjak dewasa. Tapi, Pohuwato dibawah kendali Bupati Syarif Mbuinga dan Wakil Bupati Amin Haras, mampu membuktikan diri sebagai daerah otonomi baru yang maju.

Banyak pembangunan infrastruktur dan proyek-proyek raksasa yang telah dibangun di daerah Pohuwato. Sebut saja, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Maleo. Pembangkit listrik berkapasitas 100 MW ini bahkan menjadi nadi setrum untuk wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Selain itu, juga dibangun bendungan Randangan yang bisa mengairi hingga 12 ribu hektare sawah. Ini akan menjadikan Pohuwato sebagai daerah lumbung pangan di Gorontalo. Saat ini juga sedang dibangun bandara Pohuwato yang akan menambah lengkap infrastruktur di daerah paling barat di Provinsi Gorontalo ini.

Sektor pariwisata, Pohuwato tak kalah bersaing. Objek wisata Pohon Cinta, termasuk perkampungan terapung Torosiaje, kampung multikultur di Randangan, objek wisata Pantai Libuo, menjadi lokasi wisata andalan. Tak heran pertumbuhan ekonomi di daerah ini begitu pesat.

Oleh pemerintah daerah, pertumbuhan ekonomi yang diklaim hingga 7 persen ini, disepadankan dengan program religius. Sehingga Pohuwato dikenal dengan sebutan kota Madani, yakni maju, asri, demokratis, agamais, dan harmonis.

Dalam mewujudkanya, pemerintah menjalankan beberapa misi, seperti mewujudkan daerah yang maju dan berdaya saing, mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mewujudkan pemerintahan yang baik, masyarakat harmonis dan agamis.

“Oleh karena itu, diusia remaja ini marilah kita bersama-sama membangun daerah Pohuwato kearah yang lebih baik lagi,”harap Bupati Syarif Mbuinga.

Untuk mendukung Pohuwato Kota Madani, pemerintah membangun masjid Agung Marisa yang megah. Berdiri di tengah kompleks perkantoran Pohuwato, masjid Agung menjadi pusat pengembangan dan kegiatan Islam.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar