Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Polda Gorontalo Naik ke Tipe A

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo HumKam , pada Jumat, 17 April 2020 | 05:05 WITA Tag: ,
  Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto; Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo, ‘naik’ kelas dari tipe B menjadi tipe A. Kepastian perubahan status ini diperoleh setelah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Tjahjo Kumulo, menyetujui pengajuan kenaikan tipe Polda yang diusulkan Polri. Selain Gorontalo, Polda yang juga naik menjadi tipe A, yakni Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Barat, Polda Maluku Utara, Polda Kep. Bangka Belitung, Polda Papua Barat dan Polda Kalimantan Utara.

Dilansir humas.polri.go.id, Kapolri Jenderal Idham Azis, segera meresmikan perubahan status Polda Gorontalo itu pada pekan depan. Adapun persetujuan peningkatan tipe oleh Menpan-RB tersebut sesuai dengan surat No:B/7821/XII/OTL.1.1.3/2019 tertanggal 31 Desember 2019 yang diterima Mendagri Tito Karnavian.

BACA  Dibuka Wagub, CPNS Golongan II dan III di Gorontalo Ikuti Diklat

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Argo Yuwono, mengatakan kenaikan tipe Polda Gorontalo bersama enam Polda lainya, akan dilaksanakan pada 22 April 2020 sesuai surat telegram Kapolri dengan nomor ST/1189/IV/OTL.1.1.3./2020 yang ditandatangani Asrena Kapolri Irjen Hendro Sugiatno.

BACA  Bersama Jemaah Al-Jauhar, Wagub Gorontalo Doakan Keselamatan Negeri

“Rencana 22 April pak Kapolri menaikkan tipologi 7 Polda tersebut,” ucap Karo Penmas, Rabu (15/4), dikutip humas.polri.go.id

Lebih lanjut, Brigjen Argo mengatakan peningkatan status tipe ketujuh Polda tersebut sudah melalui proses pertimbangan yang komprehensif. Salah satu pertimbangannya adalah luas wilayah dan tingkat kriminalitas di wilayah tersebut sehingga perlu ketahanan keamanan yang lebih kuat.

“Beberapa indikator semuanya sudah menjadi pertimbangan ya sesuai dengan kondisi,” ucapnya.

Dengan naiknya status tipe 7 Polda tersebut. Maka, terdapat beberapa perubahan, salah satunya adalah jabatan Kapolda yang sebelumnya diemban oleh Jenderal bintang satu, kini harus dipimpin oleh Jenderal bintang dua. Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, Polda Gorontalo pernah dijabat perwira tinggi bintang dua, yakni Irjen Rachmad Fudail. Ia digantikan Brigjen Wahyu Widada, hanya beberapa bulan memimpin Polda Gorontalo, Brigjen Wahyu dimutasi ke Polda Aceh (tipe A), sekaligus naik pangkat bintang dua, menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi. (gp/hg)


Komentar