Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Polisi Gunakan Metode Hunting dalam Operasi Zebra

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 27 Oktober 2020 | 16:05 WITA Tag:
  Anggota Lalulintas Polda Gorontalo menilang salah satu warga yang tidak menggunakan helm saat melintas di Jln. Ahmad. A. Wahab, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Senin (26/10/2020) (Foto Istimewa/Jalal Khan)


Hargo.co.id, GORONTALO – Operasi Zebra yang digelar Kepolisian secara serentak pada Senin (26/10/2020) menggunakan metode hunting. Operasi yang digelar diseluruh wilayah Gorontalo itu menyasar para pengendara yang melanggar aturan lalulintas dan protokol kesehatan. Dengan menggunakan metode hunting, banyak pelanggar yang terjaring operasi zebra tersebut.

Seperti yang dilansir Gorontalo Post, Operasi Zebra kali ini tampak berbeda dari operasi sebelumnya. Kali ini aparat lebih banyak menggunakan metode Hunting untuk mencari pelanggar lalulintas. Pendirian pos jaga hanya dilakukan di beberapa titik.

BACA  Akibat Arus Pendek, Satu Unit Rumah di Pohuwato Jadi Arang

“Selain menindak pelanggar aturan lalulintas, kita juga memberikan imbauan mengenai protokol kesehatan,” ujar Kabag Bin Ops Lantas Polda Gorontalo AKBP Gatot Sudibyo.

Ia menambahkan, konsep operasi kali ini mengedepankan tindakan edukasi dan penerangan sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat. Aparat lebih mengutamakan tindakan simpatik, persuasif, dan humanis, mengingat kondisi saat ini masih dalam masa pandemi. Pada operasi zebra kali ini aparat menyasar pelanggaran berupa tidak menggunakan helm SNI, menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, Knalpot Racing, kelebihan muatan, bonceng tiga, melawan arus dan over dimensi untuk mobil truk.

BACA  Sosok Mayat Ditemukan di Lapangan Taruna

Aksi kejar-kejaran dengan petugas sempat terjadi pada operasi kali ini. Sejumlah warga yang tidak menggunakan helm kerap kali melarikan diri saat melihat petugas berjaga disetiap persimpangan jalan.

BACA  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Petinggi Jamaah Islamiyah di Lebak

Namun, sebagaian warga tak bisa berkutik saat bertemu dengan petugas yang melakukan metode hunting. Petugas langsung menghentikan dan menilang sejumlah pelanggar ditempat. Operasi zebra akan digelar hingga 28 Oktober mendatang di sejumlah wilayah Gorontalo. (tr69/gp/hg)


Komentar