Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Politik Dinasti Ramaikan Pileg 2019, Ini Datanya 

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline Kabar Politik , pada Jumat, 20 Juli 2018 | 15:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Kendati menuai sorotan banyak kalangan. Politik dinasti masih mewarnai pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg). Tak terkecuali Pileg 2019 di Provinsi Gorontalo.

Uniknya, politik yang melibatkan hubungan kekerabatan tersebut terjadi di semua tingkatan legislatif. Mulai dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk DPR RI dan DPD, misalnya. Perebutan tiga kursi di Senayan tersebut juga sangat kental dengan nuansa politik dinasti.

Seperti tampilnya pasangan suami istri Fadel Muhammad dan Hana Hasanah. Fadel yang sebelumnya menduduki kursi DPR RI, pada Pemilu 2019 memilih ke DPD. Sebaliknya Hana Hasanah, yang sebelumnya pernah duduk di DPD, pada Pileg 2019 ini memutuskan melangkah ke DPR RI.

BACA  Vaksinasi Covid-19 Akan Menjadi Syarat Bepergian

Kemudian pasangan suami istri David Bobihoe-Rahmijati Jahja. Keduanya memutuskan untuk sama-sama melangkah ke kursi legislatif. Bedanya, David memilih kursi Deprov Gorontalo sementara Rahmijati Jahja memutuskan tetap bertahan di bursa pencalonan DPD.

Pasangan suami istri yang bertarung bersama di pileg juga dilakoni Ketua Dekot Fedriyanto Koniyo dan istrinya Meyke Kamaru. Keduanya sama-sama melaju melalui Partai Golkar. Fedriyanto memilih untuk bertahan di Dekot Gorontalo, sementara Meyke memutuskan untuk bertarung ke Deprov Gorontalo.

BACA  Kembangkan Objek Wisata, Gubernur Serahkan Bantuan Rp 1,1 M ke Pemda Gorut

Tak kalah menariknya, langkah Ketua DPD II Golkar Gorontalo Utara (Gorut) Thomas Mopili yang mencalonkan bersama-sama istri Nurjanah Yusuf, anaknya Gilang Mopili serta menantu Hamzah Sidik Djibran.

Thomas sendiri maju mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Gorontalo dari Dapil Gorut denan nomor urut satu, sementara isterinya Nurdjannah Jusuf maju sebagai Caleg Golkar untuk DPRD Gorut Nomor Urut 1 Dapil I (Kecamatan Kwandang, Tomilito dan Ponelo Kepulauan, bersama Hamzah Sidik, nomor urut 2 dari Dapil yang sama serta partai yang sama. Anaknya, Gilang Mopili, maju sebagai Caleg Golkar dari Dapil III Kecamatan Anggrek-Monano Nomor Urut 4.

BACA  Jelang Malam Pergantian Tahun, Sejumlah Jalan di Gorontalo Ditutup

Di tingkat kepala daerah, politik dinasti tak ketinggalan pula. Baik istri maupun hubungan kakak beradik, turut pula meramaikan bursa pencalegan. Di antaranya istri gubernur Gorontalo Idah Syahidah, yang menjadi calon DPR RI dari partai Golkar.

Laman: 1 2 3


Komentar