Minggu, 11 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Politikus PDI Perjuangan Tolak Divaksin Covid-19

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara Senayan , pada Rabu, 13 Januari 2021 | 10:05 WITA Tag: , ,
  Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning dalam Raker dan RDP Komisi IX DPR-RI dengan Menteri Kesehatan RI, Kepala BPOM dan Dirut Biofarma (12/1). (Foto Tangkapan layar, Dok. TVR Parlemen)


Hargo.co.id, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning menyatakan menolak untuk divaksin Covid-19.

Ribka menegaskan meskipun vaksinasi Covid-19 nanti sudah bisa untuk usia 63 tahun, ia tetap menolak untuk divaksin.

“Jadi, yang kedua kalau persoalan vaksin, saya tetap tidak mau divaksin maupun sampai yang 63 tahun bisa divaksin, saya sudah 63 tahun nih,” kata Ribka saat rapat kerja dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, BPOM, PT Bio Farma di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (12/1).

BACA  Meski Harga Meroket, Petani Minta Pemerintah Tak Impor Cabai

Ribka sekali lagi menegaskan kendati vaksin sudah bisa disuntikkan kepada orang usia berapa pun, tetap dia akan menolak untuk divaksin.

Dia bahkan rela membayar sanksi denda sebagai konsekuensinya menolak untuk divaksin.

“Misalnya pun hidup di DKI (Jakarta) semua anak cucu saya dapat sanksi Rp 5 juta, mending saya bayar. Jual mobil, kek. Bagaimana, orang Bio Farma juga masih bilang belum uji klinis III dan lain-lain,” ungkapnya dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene itu.

BACA  Dekati Masa Kedaluwarsa, Kemenkes Diminta Gerak Cepat Distribusikan Vaksin

Ribka mengingatkan untuk berhati-hati dengan vaksin. Sebab, berdasar pengalamannya beberapa vaksinasi sebelumnya seperti untuk polio dan kaki gajah, ternyata bermasalah.

“Ini pengalaman saya, saudara menteri. Ini saya omong lagi nih di rapat ini. Vaksin antipolio malah lumpuh layu di Sukabumi. Antikaki gajah di Majalaya meninggal 12 orang. Kareba di India ditolak, di Afrika ditolak, masuk di Indonesia dengan 1,3 triliun, waktu saya ketua komisi (IX DPR),” katanya.

BACA  6 Terduga Pelaku Pembongkaran Makam Jenazah Covid-19 Ditangkap

“Saya ingat betul. Jangan main-main dengan vaksin ini. Saya yang pertama bilang saya menolak vaksin. Kalau dipaksa, pelanggaran HAM. Tidak boleh dipaksa begitu,” katanya.(boy/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Di Hadapan Menkes, Politikus PDIP Ribka Tjiptaning Nyatakan Tolak Divaksin Covid-19“. Pada edisi Selasa, 12 Januari 2021.

Komentar