Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Polling Penjabup Boalemo, Sherman Kalahkan Handoyo 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Kamis, 17 Maret 2022 | 13:05 Tag: , , , ,
  Sekda Boalemo, Sherman Moridu. (Foto : Abdul Majid Rahman / HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tiga birokrat mencuat sebagai calon Penjabat Bupati (Penjabup) Boalemo. Tiga nama tersebut lantas muncul dan diuji menggunakan aplikasi PollingKita.com yang dibagikan ke sejumlah pesan WhatsApp.

Masing-masing Sherman Moridu, Handoyo Sugiharto dan Risjon Sunge. Dari hasil perolehan suara, tampaknya Sherman Moridu, menempati urutan pertama, hingga mengalahkan Handoyo Sugiharto.

Sekda Boalemo itu berhasil memperoleh 59,6 persen suara. Menyusul Handoyo Sugiharto pada urutan kedua sebanyak 37,9 persen suara. Sedangkan Risjon Sunge, hanya meraih 2,5 persen suara terakhir.

Namun sayang, aplikasi PollingKita.com ini, belum bisa jadi pegangan mutlak untuk menentukan siapa figur pantas jadi Khalifah dengan status Penjabup di Boalemo, pasca kepemimpinan Anas Jusuf.

“Aplikasi PollingKita.com adalah website, atau situs penyedia polling, atau jajak pendapat dan survey sederhana bagi semua orang. Hasil polling jangan digunakan sebagai polling yang representatif,”demikian pernyataan jelas dalam Aplikasi Polling Kita.com. (Baca : Tentang Kami).

Meski demikian, Sherman Moridu tak keberatan dengan adanya polling tersebut. Maklum, menurutnya wajar-wajar saja, apabila ada orang yang ingin menyatakan pendapatnya terkait Penjabup di Boalemo nanti.

“Dan tentunya yang akan jadi Penjabup itu kan usulan Gubernur ke Kemendagri. Kalau ditanya, pada prinsipnya saya selaku ASN, kalau itu perintah, siap menerima amanah. Polling-polling yang ada, saya kira itu wajar-wajar saja,”kata Sherman Moridu, usai menjamu Inspektur III Jamwas Kejagung RI, Firdaus Dewilmar, pada Selasa, (15/03/2022) di Tilamuta.

Menurut Sherman Moridu, pun seandainya menjadi Penjabup diperintahkan kepadanya, maka selaku ASN, ia harus bersedia menerima amanah. Terkait polling, ia juga berterima kasih kepada pihak yang menggagasnya.

“Jadi Penjabup nanti, pastinya kita diminta bagaimana mempersiapkan sisa masa jabatan ini, apalagi pelaksanaan Pilkada itu nanti 2024. Jadi tugas Penjabat ini kan mempersiapkan pelaksanaan baik Pilcaleg dan Pilkada. Di samping menjalankan program pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat. Dan yang paling inti itu mempersiapkan pelaksanaan Pesta Demokrasi,” ujarnya.

Sherman Moridu memaparkan, tugas pemerintah itu ada empat. Pertama fungsi pelayanan, supaya terwujud keadilan. Kedua fungsi pembangunan, agar rakyat menjadi sejahtera. Ketiga fungsi pemberdayaan, diharapkan rakyat bisa mandiri. Dan yang keempat, fungsi pengaturan, agar rakyat bisa menjaga ketertiban.

“Jadi 4 hal itu harus diwujudkan dengan baik oleh siapa saja yang nantinya bakal menjadi Penjabup Boalemo,”imbuhnya.

Disinggung bagaimana komunikasinya dengan gubernur Gorontalo selama ini, Sherman Moridu mengatakan aman-aman saja dan berjalan dengan baik, sebagaimana mestinya sebagai pemerintahan di bawah. 

“Alhamdulillah, kalau komunikasi tugas pemerintahan itu tetap jalan sebagaimana mestinya. Tetapi sesungguhnya hal-hal kaitan dengan siapa Penjabup, ini kan menjadi kewenangan pengusul, dalam hal ini bapak Gubernur. Tentunya, ini juga kan rahasia,” kuncinya.

Sementara itu, salah satu tokoh adat Boalemo, Nizam Dai berpendapat terkait siapa yang layak jadi Penjabup. Menurut Nizam Dai, Sherman Moridu cocok diberi amanah menduduki jabatan tersebut.

“Sherman Moridu cocok, karena dia sudah menguasai Boalemo,”tandas Nizam Dai, ketika menghubungi Hargo.co.id, beberapa hari lalu. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 348 times, 1 visits today)

Komentar