Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Polres Pohuwato Bekuk Tiga Orang Terduga Pelaku Penyalahguna Narkoba

Oleh Ryan Lagili , dalam Kab. Pohuwato Metropolis , pada Kamis, 21 Mei 2020 | 16:05 WITA Tag: ,
  Kasat Narkoba Polres Pohuwato, AKP Leonardo Widharta,SIK, saat menggelar press conference mengenai penangkapan tiga orang terduga pelaku narkoba, Selasa (19/05/2020). (Foto Istimewa/ Ayi: Gorontalo Post)


Hargo.co.id, GORONTALO – Satuan Narkoba Polres Pohuwato membekuk tiga orang terduga pelaku menyalahgunakan narkotika jenis sabu. Tiga pelaku ini antara lain, FP (29), FT (38), dan RN (26).

Menurut Kasat Narkoba Polres Pohuwato, AKP Leonardo Widharta, penangkapan tiga pelaku ini dilakukan pada tiga lokasi yang berbeda. FP menjadi pelaku pertama yang berhasil dibekuk.

“Pertama kami menangkap FP di Pantai Pohon Cinta, dan dari tangannya kami berhasil mengamankan satu paket kecil yang diduga narkotika jenis sabu,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut AKP Leonardo Widharta, teamnya melakukan pengembangan hingga akhirnya terungkap satu pelaku lain yang merupakan seorang ibu rumah tangga berinisial FT (38).

BACA  Susah Belajar Online, Pasutri Bunuh Anak Kandung

“Kita melakukan pengembangan. Hasilnya, kembali menangkap satu pelaku lagi berinisial FT di Desa Palopo. Pada saat kita tiba di rumah yang bersangkutan, dia mengambil dari boks pakaian satu buah kaca phyrex, yang di dalamnya sudah ada narkotika jenis sabu siap pakai,” ungkap AKP Leonardo Widharta.

Ditambahkan, ke duanya di tangkap hari yang sama yakni Jumat (08/05/2020). Kedua pelaku dijerat dengan pasal 112 dan 127 UU nomor 35 tentang Narkotika. Sedangkan satu pelaku lainnya berinisial RN, kata AKP Leonardo Widharta, dibekuk di Perumahan Asparaga, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo.

BACA  Alami Kecelakaan, Pengendara Sepeda Motor Ditemukan Bawa Sabu

Penangkapan RN berawal dari informasi mengenai akan adanya barang yang diduga narkotika jenis sabu yang akan melintas dari wilayah Sulawesi Tengah pada Ahad (17/05/2020). Barang tersebut dibawa dalam sebuah paket kiriman.

“Kita bersama anggota pada Ahad malam sekitar jam 10 langsung menuju batas. Setelah kita mengetahui dan memastikan keberadaan barang tersebut kita melakukan kontrol delivery, dimana barang ini akan ditujukan ke wilayah Kota Gorontalo. Kemudian kita mengatur strategi,” tuturnya.

BACA  Paket SMS Terpapar Covid-19, Jubir: Itu Bukan Sebuah Aib

Saat tiba di Kota Gorontalo, anggota Sat Narkoba mendapati pelaku berinisial RN (26) menerima paket tersebut.

“Di situ kita mengamankan yang bersangkutan di Perum Asparaga. Barang itu katanya dari Sulawesi Tengah. Menurut keterangan tersangka barang itu akan digunakan sendiri,” lanjut AKP Leonardo Widharta.

Terhadap pelaku RN, polisi belum bisa menerapkan pasal. Hal ini dikarenakan barang bukti yang diduga narkoba tersebut masih dikirim untuk diuji. “Pelaku baru ditangkap semalam. Nanti setelah selesai digelar, kita undang kembali rekan-rekan media,” pungkasnya. (ayi/ryn/hg)


Komentar