Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pondok Pesantren Diminta Sediakan Ruang Isolasi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 16 Oktober 2020 | 23:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi


Hargo.co.id, JAKARTA – Pondok pesantren di Indonesia dinilai perlu menyediakan ruang isolasi bagi yang terinfeksi Covid-19. Ruang ini akan digunakan untuk tempat karantina jika entitas pondok pesantren mengalami gejala kesehatan suspek terinfeksi Covic-19.

“Ruang isolasi yang dapat digunakan oleh guru, santri dan pengurus pesantren jika mengalami flu, batuk, demam, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan dan badan terasa letih,” kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry B Harmadi dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (16/10/2020) seperti yang dilansir jpnn.com.

BACA  Pastikan Protkes, Ormawa UNG Bantu Pencegahan Covid-19

Dalam diskusi bertema ‘Sosialisasi Iman, Aman dan Imun Hadapi Covid-19’, dia mengatakan pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kekhasan komunal. Sistem pendidikan dalam pondok pesantren sifatnya kekeluargaan sehingga entitasnya kerap berada dalam kerumunan jumlah besar.

Budaya yang khas di pesantren itu, kata dia, harus diimbangi dengan fasilitas karantina agar jika ada satu individu yang suspek Covid-19 tidak mudah menularkan kepada entitas lainnya.

BACA  Pasien Covid-19 yang Sembuh di Gorontalo Bertambah 70 Orang

Menurut dia, penting juga bagi pesantren untuk menerapkan sistem pengamatan terpadu dengan absensi dan monitor kesehatan santri secara rutin baik di kelas, asrama maupun aktivitas lainnya.

Ia mengatakan, sistem monitoring yang baik akan merekam berbagai riwayat kesehatan entitas pondok pesantren. Dengan begitu, apabila ada salah satu individu terinfeksi Covid-19 maka dapat dilokalisir dan tidak menyebar kepada cakupan yang lebih luas.

BACA  Bapera Siap Bantu Pemerintah Minimalisir Penyebaran Covid-19

Untuk itu, kata dia, #satgascovid19 mengingatkan pesantren perlu memiliki jaringan dengan fasilitas kesehatan terdekat misalnya puskesmas, rumah sakit dan tim medis untuk terus memantau kondisi kesehatan santri, ustadz serta pengurus pesantren.

Pesantren, lanjut dia, juga agar menyediakan tempat #cucitangan bagi entitasnya sehingga dapat mencegah penularan COVID-19, demikian Sonny Harry B Harmadi. (***)

 

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar