Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Portugal Hancurkan Uruguay 2-0, Brasil Tekuk Swiss 1-0

Oleh Admin Hargo , dalam Sepakbola Sportivo , pada Selasa, 29 November 2022 | 10:05 Tag: , , , , ,
  Portugal (jersei merah-hijau) berhasil menghajar Uruguay (jersei putih) pada matchday kedua Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Molly Darlington

Hargo.co.id, QATAR – Portugal meraih kemenangan penting saat jumpa Uruguay pada matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022.

Duel Portugal vs Uruguay berlangsung di Lusail Stadium, Doha, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

banner 728x485

Portugal menang dengan skor tipis 2-0 berkat dua gol Bruno Fernandes pada menit 54′ dan penalti menit 90+3′.

Tambahan tiga poin mengantar Portugal lolos ke 16 besar Piala Dunia Qatar 2022.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kini memuncaki Grup H dengan enam poin, hasil sapu bersih dua laga dengan kemenangan.

Uruguay di sisi lain, harus melorot ke posisi keempat alias juru kunci karena baru mengumpulkan satu poin.

Ulasan Pertandingan
Duel Portugal vs Uruguay berlangsung alot sejak babak pertama dimulai.

Ketika laga baru berusia tiga menit, Uruguay langsung mengancam lewat Edinson Cavani. Sayang, sepakan bomber Valencia itu masih melebar dari gawang Portugal.

Armada Fernando Santos balik mengancam pada menit 4′. Cristiano Ronaldo memberikan umpan akrobatik dengan punggungnya kepada William Carvalho.

Namun, tembakan Carvalho masih menyamping tipis dari gawang Portugal.

Selecao Das Quinas -julukan Timnas Portugal- mendapat kans mencetak gol lewat sepakan free kick pada menit 18′.

Namun, upaya tersebut gagal dimanfaatkan Cristiano Ronaldo.

Hingga memasuki menit 30′, kedua tim belum melancarkan satu pun tembakan on target.

Uruguay akhirnya mendapat sepakan on target pertamanya lewat aksi Rodrigo Bentancur pada menit 33′. Beruntung, kiper Portugal Diogo Costa melakukan penyelamatan gemilang ketika tinggal berhadapan satu lawan satu dengan gelandang Spurs tersebut.

Skor kacamata menutup babak pertama duel Portugal vs Uruguay.

Memasuki paruh kedua, Portugal akhirnya memecah kebuntuan lewat gol Bruno Fernandes pada menit 54′.

Bruno Fernandes berniat memberikan umpan kepada Cristiano Ronaldo yang berada di kotak penalti Uruguay. Namun, bola langsung meluncur ke gawang Fernando Muslera. Gol! Portugal unggul 1-0.

Bruno mencetak brace lewat penalti pada menit 90+3′. Wasit menunjuk titik putih setelah pemain Uruguay melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Brno yang maju sebagai sukses mengonversinya menjadi gol sekaligus membawa Portugal menang 2-0 atas Uruguay.

Sementara itu, Tim nasional Brasil meraih tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar setelah menekuk Swiss dengan skor tipis 1-0 dalam duel yang berjalan dramatis di Stadion 974, Doha, Selasa (29/11) dini hari.

Brasil terancam kehilangan 3 pemainnya saat jumpa Swiss pada lanjutan Piala Dunia 2022. Foto: Twitter/CBF_Futebol

Tim pengoleksi gelar juara dunia terbanyak ini memastikan tiket ke babak selanjutnya berkat gol semata wayang Casemiro pada babak kedua.

Kemenangan ini membuat Brasil berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup G dengan torehan enam poin dari dua laga. Sedangkan Swiss berada di posisi kedua dengan raihan tiga poin.

Brazil menjadi negara kedua setelah Prancis yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, Swiss masih harus berjuang di laga terakhir kontra Serbia agar bisa melangkah lebih jauh.

Pada babak pertama, Brasil memberikan ancaman terlebih dahulu melalui umpan tarik dari Lucas Paqueta, namun tidak dapat disambut Richarlison sehingga peluang bola diamankan oleh Elvedi.

Brasil kembali memberikan ancaman, kali ini melalui tendangan Vinicius Junior setelah menerima umpan Raphinha, akan tetapi bola tidak menemui sasaran.

Skuad asuhan Tite terus memberikan serangan ke lini pertahanan Swiss, kali ini Raphinha melepaskan tendangan keras yang masih bisa diamankan oleh kiper Yann Sommer.

Menjelang berakhirnya babak pertama, giliran Swiss yang memberikan ancaman melalui upaya Ruben Vargas, namun bola lebih dulu diambil oleh bek Brasil Thiago Silva.

Pada babak kedua, Swiss lebih dulu melancarkan serangan ke lini pertahanan Brasil akan tetapi beberapa upaya mereka tidak dapat membuahkan hasil.

Meski begitu, Brasil mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-64 melalui Vinicius Junior, akan tetapi gol selanjutnya dianulir oleh VAR karena Richarlison berada di dalam posisi offside.

8 menit sebelum waktu normal di babak kedua usai, Brasil mampu memecah kebuntuan setelah Casemiro melepaskan tendangan keras di kotak penalti Swiss yang berbuah menjadi gol sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Di sisa waktu babak kedua, Brasil berusaha untuk mempertahankan keunggulan dan Swiss tidak mampu membongkar pertahanan skuad asuhan Tite sehingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 tetap bertahan.

Selanjutnya Brasil akan menghadapi Kamerun pada pertandingan terakhir Grup G, Sabtu dini hari WIB dan Swiss akan memainkan partai hidup mati kontra Serbia di hari yang sama.(JPNN.com)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Bruno Fernandes Antar Portugal Hancurkan Uruguay” – “Brasil Lolos ke Babak 16 Besar Seusai Menekuk Swiss dalam Pertandingan Dramatis“. Pada edisi Selasa, 29 November 2022.
(Visited 67 times, 1 visits today)

Komentar