Sabtu, 23 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Potensi Wisata Minta Didata, Selanjutnya Dipromosikan

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 3 Oktober 2021 | 06:05 AM Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan

Hargo.co.id, GORONTALO – Terhadap promosi wisata daerah, Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Wisye Pangemanan berharap agar pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mendata potensi wisata. Selanjutnya, promosikan guna membangun hubungan kerja dengan pihak terkait lainnya.

Menurut Wisye Pangemanan, kegiatan Festival Pesona Saronde yang dilaksanakan belum lama ini yang juga dipadukan dengan pertemuan Kerjasama Utara-utara yang menghasilkan beberapa point penting terutama untuk bidang wisata, itu jangan hanya sebatas hasil diatas kertas. 

“Namun terhadap penjabarannya di lapangan tidak maksimal dilaksanakan,” kata Wisye Pangemanan.

Lebih lanjut dikatakan Wisye Pangemanan, entah dirinya yang belum mengetahui atau informasinya terlambat, namun terhadap potensi wisata daerah harus dilakukan pendataan kembali. 

“Pendataan terhadap potensi wisata tersebut tidak hanya sekedar data begitu saja, namun terhadap potensi secara utuh yang ada dalam objek wisata tersebut juga harus didata dengan lengkap,” ungkapnya.

Data merupakan hal yang sangat penting dan mendasar dalam sebuah pelaksanaan program, dan tidak hanya program saja namun untuk melakukan sesuatu, semuanya berangkat dari data. 

“Jika tidak ada data yang lengkap, maka itu tentu akan berpengaruh pada langkah apa yang akan dilakukan terhadap objek wisata tersebut,” jelasnya.

Salah satu yang dihasilkan dalam Pertemuan Utara-utara tersebut terkait dengan promosi wisata daerah dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh daerah-daerah yang tergabung dalam Kerjasama Utara-utara. 

“Bagaimana promosi akan dilakukan, sementara untuk persiapan data dan langkah yang diambil terkait dengan objek wisata yang akan dipromosikan belum maksimal dilaksanakan,” tegasnya.

Untuk itu, Wisye Pangemanan berharap agar data potensi wisata dan perencanaan akan apa yang akan dilakukan kedepan harus sinkron. 

“Karena berangkat dari data, kita akan mengetahui apa yang akan kita lakukan terhadap objek tersebut,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar